Banda Aceh Fishing Tournament Sukses ‘Birukan’ Pantai Gampong Jawa

Banda Aceh, SAHABATMANCING.COM – Sekitar 1.024 pemancing dari Banda Aceh dan luar daerah meramaikan event Banda Aceh Fishing Tournament 2019 yang diadakan di pantai Gampong Jawa, Banda Aceh, Minggu (24/11). Hadirnya ribuan pemancing yang meramaikan hajatan akbar Dinas Pariwisata kota Banda Aceh itu, sukses membirukan pesisir pantai Gampong Jawa sepnajang 2,5 km hingga ke pelabuhan Ulee Lheue.

Ribuan pemancing yang menjadi peserta dalam Banda Aceh Fishing Tournament 2019, menyemuti pesisir pantai Gampong Jawa, Banda Aceh, Minggu (24/11). Dengan didukung oleh sponsor utama Shimano, turnamen ini sukses mendatangkan sekitar 1.024 pemancing dari dalam dan luar kota Banda Aceh. (Dok: Bandaacehkota.go.id)

Dinas Pariwisata kota Banda Aceh menggelar event Banda Aceh Fishing Tournament di pantai Gampong Jawa, Kecamatan Kuta Raja, Banda Aceh, Minggu (24/11). Dengan didukung penuh oleh produsen alat pancing, Shimano, turnamen mancing landbase ini ditanggapi antusias oleh ribuan pemancing dari dalam dan luar daerah Banda Aceh.

Tak hanya Shimano, Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh juga turut mendukung jalannya turnamen mancing.

Bahkan Wakil Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, turun langsung untuk membuka secara seremoni turnamen mancing terbesar di wilayah yg dipimpinnya tersebut.

Dalam sambutannya, Zainal Arifin mengatakan, melihat antusias pemancing yang sangat besar, ia menilai ajang turnamen mancing ini dapat diprioritaskan menjadi program wisata tahunan andalan kota Banda Aceh.

“Melihat antusias tinggi dari peserta, event ini akan kita gelar setiap tahun. Semoga tahun depan bisa lebih meriah lagi dan pesertanya lebih banyak lagi, baik dari peserta lokal, luar daerah, maupun manca negara,” ujar Zainal saat pembukaan turnamen mancing yang dilansir oleh Bandaacehkota.go.id.

Penyerahan hadiah yang dilakukan langsung oleh Wakil Walikota Banda Aceh, beserta jajarannya dan juga perwakilan dari Shimano Indonesia.

Lebih lanjut menurutnya, kesuksesan turnamen mancing ini juga menjadi bukti bahwa potensi bahari Banda Aceh bisa diangkat untuk menjadi program pariwisata, selain wisata sejarah dan museum Tsunami yang sudah dikenal oleh masyarakat luas.

“Ajang ini sangat menarik dan potensial untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Dan yang tak kalah penting bisa mendongkrak ekonomi kota,” tambah pria yang akrab disapa dengan Check Zainal tersebut.

Jalannya acara Banda Aceh Fishing Tournament 2019 sendiri berakhir gemilang. Ribuan pehobi mancing yang datang untuk mengikuti turnamen ini terbagi ke dalam dua kategori berdasarkan teknik mancing yang digunakan. Pertama kategori teknik dasaran dan kedua kategori teknik casting.

Sejak lomba resmi dibuka pada Minggu pagi, tak sedikit peserta yang berhasil mendulang tangkapan yang didominasi keluarga Trevally seperti Kuwe Gerong dan Kuwe Lilin. Hingga lomba ditutup pada pukul 16:30 waktu setempat, akhirnya tepilih tiga peserta yang berhasil masuk ke podium juara.

Ketiganya berhak atas hadiah berupa satu paket umroh untuk juara pertama, uang tunai senilai Rp2 juta untuk juara kedua, dan uang Rp1 juta untuk juara ketiga. Diluar itu, disediakan pula hadiah doorprize berupa uang tunai senilai Rp500 ribu, joran, ril, dan apprel dari sponsor utama Shimano.   

Berikut Daftar Juara Banda Aceh Fishing Tournament 2019

JUARA NAMA PESERTA BERAT IKAN (kg) JENIS IKAN
Terberat 1 Arifin 1,9 GT
Terberat 2 Syarifuddin 0,5 GT
Terberat 3 Aulia 0,3 GT