ARP Community regional Batam Gelar Luring Fishing Festival

Batam, SAHABATMANCING.COM – Sekitar 50 pemancing yang tergabung dalam ARP Community regional Batam, menggelar event Luring Fishing Festival, di pulau Dempu, Batam, Minggu (21/7). Event ini merupakan agenda kopi darat para pegiat sport fishing, khususnya castinger yang kerap mengeksplor setiap gugusan pulau kecil yang terhampar luas di wilayah Batam.

ARP Community korwil Batam menyelenggarakan kegiatan mancing landbase yang bertajuk Luring Fishing Festival, di pulau Dempu, Batam, (21/7). DOK: Panitia

ARP Community regional Batam menggelar event Luring Fishing Festival, di pulau Dempu, Batam, (21/7). Tak kurang dari 50 pegiat castinger di kawasan Batam dan sekitarnya ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Sesuai dengan tema acara, para peserta diwajibkan untuk menggunakan peranti dengan artificial lure (umpan buatan), seperti: casting, casjig, dan popping.

Mochammad Sidik selaku pantia acara menuturkan jika peserta tidak diperbolehkan untuk menggunakan umpan selain lure buatan atau livebait. “Karena memang konsepnya luring fishing, jadi kami ingin mengangkat spot-spot landbase dengan kekayaan karang-karang cantik yang banyak tersedia di Batam,” ujar Sidik kepada SahabatMancing.com, (23/7).

Para peserta yang menunggu proses penimbangan.

Lebih lanjut, untuk itu pihaknya memilih pulau Dempu sebagai spot lomba karena potensinya yang sangat tepat untuk kegiatan mancing casting. “Pulau Dempu itu pantai berpasirnya tidak besar, namun bibir pulaunya langsung bertemu dengan perairan karang-karang dangkal. Terumbu karangnya juga masih sangat terjaga, jadi cocok sekali untuk buat event mancing,” tambahnya.

Terlebih menurutnya, ekologi pulau Dempu masih sangat liar karena tak berpenghuni. Untuk itu salah satu keunikan dari pulau ini ialah bisa menikmati sensasi mancing di alam bebas. Kenikmatan ini tentu juga bergaris lurus dengan potensi ikan-ikan yang bisa didapatkan oleh para pemancing.

Hampir seluruh peserta dapat menaikan tangkapan selama nge-cast di sekitar perairan dangkal pulau. Bahkan beberapa peserta sampai ngoyor untuk bisa mendulang ikan potensial. Lomba mancing sendiri sudah dimulai sejak pukul 08:00 pagi hari, setelah sebelumnya para peserta melakukan penyeberangan dari dermaga Hasyim pukul 06:00.

Salah satu peserta yang ngoyor

Hingga lomba mancing ditutup pada pukul 16:00 sore, terpilih lima pemancing yang keluar sebagai peserta yang masuk ke dalam podium juara. Masing-masing juara berhak atas hadiah berupa peranti pancing berupa rod, reel, dan lure.

“Terima kasih kepada para pemancing Batam, dan juga sponsor yang telah ikut menyukseskan acara ini. Event Luring Fishing Festival ini semata sebagai sarana silaturahmi sekaligus untuk menikmati harmoni alam sambil mancing,” pungkasnya.

JUARA NAMA PESERTA BERAT IKAN (gram) JENIS IKAN
Terberat 1 Nanda 1.115 Todak
Terberat 2 Darsono 350 Kerapu
Terberat 3 Ade 330 Bluefin Trevally
Terberat 4 Budi 220 Golden Trevally
Kategori Cumi Atoy 250 Cumi-cumi