Apa faktor teknis pemilihan ril over head?

Untuk performa dan kekuatan, ril overhead jenis lever drag lebih tepat digunakan karena lebih memiliki tenaga yang mampu memudahkan proses kontrol saat fight dengan ikan, bahkan tanpa harus memompa joran.

Karena itu, pemeliharaan komponen ril OH jenis ini akan lebih ekstra dibanding jenis star drag terutama pada bagian bearing. OH lever drag bisa digunakan untuk pengaplikasian seluruh teknik jigging (baik slow maupun fast jigging).

Sedangkan jenis star drag lebih nyaman digunakan untuk jigging ringan (light jigging) karena rata-rata ukuran maksimal dragnya kecil. Pemilihan rasio pada ril OH juga penting. Jigging cepat (fast jigging) baiknya pilih rasio rendah agar  putarannya lebih ringan.

Sementara untuk slow jigging, baiknya gunakan rasio besar dengan tujuan efisiensi tenaga dan (action) umpan bisa bergerak maksimal. Pilihan senar PE juga sangat penting.

Semakin besar ukuran PE, maka putaran ril akan lebih berat akibat terjadi gesekan antara senar dengan ring joran. Belum lagi senar ukuran ini mudah hanyut kala arus tinggi dan berpengaruh terhadap action lure.

Sebaliknya, senar ukuran kecil mampu mendukung action lure jadi maksimal, namun kesulitan akan datang ketika bertarung melawan ikan berukuran besar. Namun kembali lagi, pemilihan ril over head disesuaikan dengan selera dan kemampuan masing-masing pemancing.

Tole M Tok

Pemancing yang berdomisili di Sumbawa ini kerap melakukan eksplorasi mancing di perairan utara dan selatan Pulau Sumbawa dengan target ikan-ikan agresif seperti GT, Amberjack serta Ruby Snapper