Tim Harvest Angler Banten Juarai Fishing Haltim 2017

Pergelaran turnamen mancing ‘Fishing Halmahera Timur (FHT) 2017’ telah berakhir pada tanggal 20 Mei lalu. Dari 13 tim yang bertanding, gelar juara berhasil diraih tim Harvest Angler Banten dengan total ikan tangkapan seberat 52.38 kg.

Harvest Angler berhasil memenangkan juara 1 Fishing Haltim 2017. Selain itu tim ini juga berhasil memenangkan kategori ikan terberat yang mengantarkannya menjadi juara umum. (dok. Anwar Bronto)

“Team Harvest dari Banten keluar sebagai juara satu dengan berat total ikan 52.38 Kg. Juara ikan terberat (juga) didapat oleh tim Harvest dengan ikan Baracuda seberat 22 kg,” kata Joesito Huang selaku Humas FHT 2017 saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (23/5).

Turnamen FHT 2017 menggunakan sistem penghitungan juara dari total 5 ikan terberat yang didapat oleh satu tim. Panitia membebaskan spesies ikan yang dipancing untuk kemudian beratnya di total. Spesies ikan tersebut ialah Amberjack, Ruby Snapper, Tenggiri, Wahoo, Tuna Gigi Anjing, Kerapu Balong, Giant Trevally, Layaran serta semua spesies game fishing.

Joesito menambahkan, turnamen berlangsung dengan sukses dan sesuai rencana, serta didukung cuaca yang bersahabat selama jalannya acara. “Waktu acara pembukaan, Bupati menyebutkan, mudah-mudahan acara ini bisa dijadikan agenda tahunan,” tutup Joesito.

Komentar serupa juga dikatakan Anwar Bronto (42), salah satu peserta dari Harvest Angler. Ia mengatakan cuaca pada saat acara berlangsung cenderung bersahabat, namun kendala datang karena arus lautnya sedikit mati.

Namun walau begitu, Anwar mewakili rekan-rekannya mengaku bangga bisa menjuarai turnamen ini dengan mengalahkan tim-tim lain yang notabennya sudah berpengalaman.

Ia pun berharap untuk Fishing Halmahera Timur selanjutnya dapat lebih baik dan menjadikan Halmahera Timur menjadi destinasi mancing di Indonesia maupun mancanegara.

“Harapannya agar acara dikoordinasikan lebih baik lagi, pastikan peserta mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Perbanyak kapal, karena jumlah kapal akan menentukan jumlah peserta. Semakin banyak peserta, maka (turnamen) akan semakin kompetitif dan yang pasti akan lebih ramai,” imbuhnya.

Pelepasan peserta FHT 2017 dilakukan oleh Bupati Haltim, Rudi Erawan dan Wakil Bupati Haltim, Muhdin. Acara ini juga dihadiri oleh Sekda, Kadis Perikanan Haltim, Kadis Pariwisata dan Kadis Perikanan Provinsi Maluku Utara.

Selain itu, untuk mengamankan jalannya acara, turnamen ini juga didukung oleh Polda Haltim dan Polair Haltim, serta tim medis yang siaga di base turnamen.

Panitia juga melengkapi setiap kapal peserta dengan GPS position tracker dan radio single-sideband (SSB), sehingga panitia di darat bisa memonitor keberadaan peserta.

Turnamen mancing terselenggara dalam rangka menyambut HUT Pemkab Haltim pada 30 Mei 2017 nanti. Rencananya turnamen ini akan menjadi agenda rutin yang akan digelar oleh Pemkab Haltim. – LP