Shimano Casting Competition 2017 Usai Digelar

Sebanyak 430 castinger dari berbagai wilayah di Jaboedatabek dan sekitarnya meramaikan perlombaan mancing bertajuk Shimano Casting Competition 2017 di Danau Jayasampurna, Cikarang, Jawa Barat, Minggu (24/9). Selain kompetisi mancing, pihak Shimano juga mengadakan coaching clinic dengan mendatangkan pro staff-nya langsung dari Malaysia.

Peserta perlombaan mancing bertajuk Shimano Casting Competition 2017 berfoto bersama Pro Staff Shimano asal Malaysia, Syafi’e Abdul Shukor (baju Shimano merah) sebelum acara dimulai, Minggu (24/9). SahabatMancing.com/Rico Prasetio

Kompetisi mancing ini sudah diadakan untuk kedua kalinya oleh produsen alat pancing, Shimano di Indonesia. Setelah tahun sebelumnya juga sukses mengadakan kegiatan yang sama di Situ Cipule, Jawa Barat. “Untuk penyelenggaran kedua kalinya ini kami memilih spot Nyimplung (sebutan Danau Jayasampurna – red) karena lokasinya luas untuk menampung banyak orang,” jelas Amin, perwakilan Aneka Raya Pancing (ARP) kepada SM saat acara berlangsung.

Antusias peserta terbilang cukup besar untuk mengikuti perlombaan mancing ini. Terbukti sebanyak 400 lebih castinger sudah antre mendaftarkan dirinya ataupun secara kelompok. Namun untuk alasan kenyamanan peserta, pihak panitia bertindak cepat membatasi kuota pendaftaran. Amin mengaku masih belum mengetahui apakah lomba mancing serupa akan kembali diadakan dalam waktu dekat atau tidak.

“Kita melihat kondisinya (persiapan) di lapangan seperti apa. Bila semua memungkinkan, kenapa tidak (mengadakan lagi)?” tambah Amin.

Tidak hanya perlombaan mancing, pihak panitia sengaja mengadakan coaching clinic dengan mendatangkan pro staff Shimano, Syafi’e Abdul Sukor. Pria asal negeri jiran itu berbagi pengalaman dan memberikan informasi seputar teknik mancing kepada para castinger yang hadir.

Kegiatan mancing sendiri dimulai sejak pukul 06:00-13:00 WIB lalu kemudian dilanjutkan dengan coaching clinic di panggung utama. Seluruh peserta berkumpul untuk mengikuti acara ini karena pihak Shimano menyediakan beragam hadiah kepada peserta.

Peserta atas nama Yudi L sukses keluar sebagai juara Shimano Casting Competition II usai mendapatkan ikan Gabus dengan panjang 47 cm pada cukup 09:33 WIB. Pria dari Komunitas Mancing Mania Ciganjur (KMMC), Jakarta Selatan itu tidak menyangka dirinya bisa menyingkirkan 400 peserta lainnya. “Dari sekian banyak lemparan yang saya lakukan, akhirnya berhasil disambar Gabus di area ganggang,” ujar Yudi L.

Atas raihannya itu, Yudi berhak mendapatkan hadiah satu unit ril Shimano Scorpion DC Left serta piala eksklusif dari Shimano. – RPS

Pemenang:

  1. Yudi L (Gabus 47cm)
  2. Kettz Smile (Gabus 47 cm)
  3. Ahmad S (Gabus 41)
  4. Mustofa (Gabus 38)
  5. Ko Abi (Gabus 38)