Seri Perdana Cast and Bro di Rengasdengklok Usai Digelar

Seri perdana kegiatan casting yang diadakan produsen alat pancing Maguro bertajuk ‘Cast and Bro’ di Danau Teratai, Bojong Karya 2, Rengasdengklok, Jawa Barat, Minggu (3/12) usai digelar. Sebanyak 326 castinger dari berbagai wilayah di Jakarta dan Jawa Barat turut serta hadir memeriahkan acara ini.

Sebelum memulai perlombaan mancing, seluruh peserta berfoto bersama berlatarkan spot Danau Teratai. SahabatMancing/Rico Prasetio

Besarnya antusias castinger di wilayah Bekasi hingga Karawang menjadi alasan dipilihnya Rengasdengklok sebagai lokasi perdana ini. Terlebih, daerah yang menjadi saksi sejarah penculikan Bung Karno tersebut memiliki potensi ikan air tawar yang besar, khususnya spesies Gabus.

“Kami atas nama tuan rumah mengucapkan terima kasih kepada para pemancing, terutama kepada Maguro sebagai penyelenggara. Tentunya kegiatan ini menjadi momentum pengenalan Rengasdengklok kepada masyarakat luas atas potensi mancingnya yang menjanjikan,” ujar Darim, Kepala Desa Rengasdengklok Selatan saat ditemui di sela acara, Minggu (3/12).

Darim menambahkan, diadakannya kegiatan ini diharapkannya menjadi langkah awal pihaknya sebagai aparatur desa untuk bisa mengembangkan wisata mancing khususnya di Rengasdengklok Selatan. “Jika dikelola dengan baik, saya yakin beberapa spot-spot liar tersebut juga bisa dinikmati oleh masyarakat luas, tidak hanya dari Rengasdengklok saja,” kata dia.

Tentunya tujuan tersebut menjadi gaung yang selalu disampaikan oleh Maguro. Melalui pembinanya, Lastiyo Kusumo, Maguro menyampaikan ajakan kepada para pemancing dan masyarakat luas untuk selalu melestarikan lingkungan. Sehingga potensi yang ada bisa selalu dinikmati bersama.

“Ada banyak cara (pelestarian) yang bisa dilakukan, seperti yang kami lakukan yaitu menyediakan santapan kepada peserta Cast and Bro menggunakan bahan serta bungkus yang ramah lingkungan,” tegas Lastiyo. Sebab menurutnya sampah merupakan musuh utama yang disepelekan oleh banyak orang namun berdampak sangat besar.

Sehingga kegiatan ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi antar pemancing, namun juga kampanye tentang kebersihan lingkungan di spot mancing.

Pemancing atas nama Tirnya Wijaya dari komunitas Somplak Angler sukses meraih juara utama usai mendapatkan ikan Gabus dengan panjang 56 cm. Tirnya mendapatkan ikan tersebut tak lama setelah panitia meresmikan dimulainya kegiatan mancing pada pukul 06:00 WIB. Sementara Joko Setyo Utomo, castinger dari Family Uncales, berhasil memborong juara 2 dan 3 setelah mendapatkan dua ekor Gabus 43 dan 45 cm.

Maguro Cast and Bro tahap selanjutnya akan kembali diadakan di wilayah Depok, Jawa Barat tepatnya di Jatijajar pada Minggu (10/12). RPS