Riuh Ratusan Pemancing Di Babak Final Big Games 2017

Turnamen mancing Galatama bertajuk Big Games 2017 telah memasuki babak final pada Minggu, (10/11) di kolam pemancingan CS -101 Joglo, Jakarta Barat. 64 Lapak yang disediakan oleh panitia, ludes diserbu oleh peserta yang ingin bersaing menuju tangga juara gelaran IFT Big Games tahap keempat. Dari total seratusan peserta, setidaknya terpilih delapan pemenang yang mengisi podium juara untuk mendapatkan total hadiah Rp37 juta.

Puluhan peserta meramaikan Big Game Fish yang memasuki babak final di Kolam Pemancingan CS 101 Joglo, Jakarta Barat, Minggu (10/12).

Delapan juara tersebut ditentukan dari tangkapan induk terberat, total induk serta juara wilayah dari lapak ganjil dan genap. Praktis hal ini kian mendongkrak semangat para peserta untuk berkompetisi di ajang tahunan itu. Kondisi ini terlihat dari animo peserta yang sudah datang sejak pagi hari di kolam pemancingan yang berlokasi di dekat SMAN 101 Joglo tersebut.

Dengan harga tiket yang dibanderol senilai Rp1,5 juta per satu lapak untuk dua joran, tak membuat peserta berpikir dua kali untuk mengikuti turnamen berlabel galatama ini. Tidak hanya peluang juara dan hadiah semata, dengan biaya tersebut beragam doorprize berupa peranti mancing lengkap juga bisa didapatkan bagi peserta yang beruntung.

Seperti turnamen mancing pada umumnya, lapak peserta akan diundi sebelum ditempati oleh pemancing. Hal ini untuk menjaga nilai sportifitas dan objektifitas hasil lomba. Tepat pada pukul 10:00 pagi jelang siang lomba resmi dimulai. Untuk menambah semarak, doorprize dibagikan di tengah-tengah berlangsungnya lomba dengan memutar lagu. Peserta yang berhasil strike ikan terberat selama lagu diputar langsung diganjar doorprize.

Tampak ratusan peserta tengah unjuk kebolehan untuk memperebutkan podium juata IFT Big Game 2017.

Setidaknya ada 10 peranti mancing yang dibagikan kepada peserta yang berhasil strike selama pemutaran lagu. Peranti tersebut diantaranya: Joran Maguro Scuilla 165, Reel Hinomiya Sonata 3000, Reel Daiwa MG S 2500, Joran Maguro X-Trail 165, Kacamata Shimano Biomaster, Reel Daiwa Crossfire 500, 2 Tackle Box IFT dan 2 Payung IFT.

Hingga berakhirnya turnamen, pemancing bernama Dede Ahmad berhasil keluar sebagai juara dengan raihan indukan seberat 5,68 kilogram. Hasil yang diukir oleh Dede hanya berselisih tipis dari raihan Folber Sialagan di posisi runner up yang mendaratkan indukan seberat 5,56 Kg, dan Bolang 2 diposisi ketiga yang menaikan tangkapan seberat 5,12 Kg.

Dede Ahmad, sang juara menuturkan jika dirinya tidak memiliki persiapan khusus untuk mengikuti turnamen galatama ini. Ia mengakui jika dirinya memang sudah rutin mengikuti lomba yang diselenggarakan di berbagai kolam pemancingan.

“Alhamdulilah bangga bisa juara. Mungkin karena sudah rutin ikut lomba jadi saya sebelumnya sudah ready menghadapi turnamen ini. Semoga turnamen berikutnya juga bisa meraih hasil yang sama,” ujarnya kepada SahabatMancing.com, Minggu (10/12).

Ia juga berharap agar IFT Member selaku pihak penyelenggara bisa menghelat turnamen yang lebih baik lagi dibanding turnamen-turnamen sebelumnya.