Rayakan Hari Nusantara Dengan Memancing Di Utara Borneo

Peringatan Hari Nusantara yang jatuh tanggal 13 Desember 2017 akan diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Berbagai kegiatan bertemakan kekayaan bahari akan dihelat di provinsi ke-34 Indonesia itu. Salah satunya adalah turnamen mancing yang mengambil tempat di perairan kawasan Pantai Cemara Mangkupadi. Potensi perairan Bumi Benuanta yang belum terekspos, menjadi cara unik merayakan hari Nusantara di ujung utara Indonesia.

Bibir Pantai Cempaka Mangkupadi tengah berhias sebagai persiapan menuju gelaran lomba mancing Hari Nusantara 2017. Diperkirakan puluhan pemancing akan meramaikan kompetisi mancing di ujung timur laut Pulau Kalimantan tersebut. (Dok/Sofian)

Gelaran turnamen mancing sendiri akan dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Desember 2017. Kawasan Pantai Cemara Mangkupadi yang berjarak sekitar 200 km sebelah selatan kota Tarakan, didapuk menjadi venue penyelenggaraan turnamen. Selain untuk mengenalkan laut Kaltara sebagai spot mancing andalan, dipilihnya Pantai Mangkupadi juga untuk mempromosikan potensi pariwisata yang menyuguhkan pantai berselimut pasir putih dan birunya samudera.

Laut Sulawesi yang menjadi halaman depan Pantai Mangkupadi juga menjadi keunggulan tersendiri. Perairan yang akan menjadi spot lomba ini merupakan tempat bagi banyak spesies ikan dan makhluk bawah air. Latar tropis dan air yang hangat memungkinkan laut Sulawesi sebagai tempat hidup bagi sekitar 580 dari 793 jenis koral pembangun karang dunia.

Tak salah jika dunia mengenalnya sebagai The Coral Triangle atau kawasan segitiga terumbu karang. Hal ini pula yang kian memperkaya biota ikan penghuni Laut Sulawesi mulai dari ikan spesies karang hingga ikan Pelagis. Bahkan nelayan-nelayan Sulawesi yang terkenal sebagai pelaut ulung memanen ikan tuna di kawasan laut Sulawesi ini.

Menurut Sofian selaku panitia lomba mancing Nusantara, jika dalam turnamen ini semua jenis ikan dilombakan kecuali jenis ikan yang dilindungi. Peserta akan diberi waktu untuk mengeksplor perairan Pantai Mangkupadi mulai dari pukul 06:00 pagi sampai 12:00 siang. Total hadiah yang disiapkan panitia senilai Rp24,5 juta.

“Spot mancingnya kira-kira berjarak 2-4 mil dari bibir pantai agar peserta tidak terlalu menjauh ke lautan lepas. Nanti panitia akan berjaga-jaga dengan kapal speedboat yang disediakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan,”  ujar Sofian kepada SahabatMancing.com, (12/11).

Untuk pendaftaran, Pemda Kaltara dan Dinas DKP selaku pihak penyelenggara tidak mengenakan biaya bagi peserta yang ingin ambil bagian dalam perayaan hari Nusantara ini. Namun sebagau syarat, peserta perlu menyediakan beberapa perangkat lomba secara mandiri seperti; kapal ukuran minimal 5 Grosston (GT), pelampung, P3K, konsumsi dan plastik sampah.  “Nantinya dalam satu kapal akan berisi satu tim yang terdiri dari empat orang termasuk nahkoda,” tambahnya.

Sebagai ajang tahunan kedua, ia berharap event turnamen mancing ini bisa menuai hasil sukses dan mampu mendatangkan wisatawan ke tanah Benuanta. “Potensi mancing kami banyak di Kaltara, apalagi rata-rata di sini banyak persewaan kapal untuk mancing,” tutupnya.

Untuk informasi dan pendaftaran, sila hubungi kontak: Sofian 0852-1009-9199 dan Pak Mardi 0813-4828-4776

Persyaratan lomba hari Nusantara 2017. (Sumber: Kaltaraprov.go.id)