Program ‘Sejuta Buku’ BAC

Komunitas mancing asal Bekasi, Bekasi Angler Community (BAC) dan JW Team membentuk program kegiatan sosial ‘BAC Sejuta Buku’. Program tersebut merupakan bentuk kepedulian BAC sebagai pemancing kepada masyarakat pesisir salah satunya dengan membagikan peralatan tulis kepada anak-anak.

Penyerahan bantuan diberikan kepada Jessica Webb mewakili BAC dan JW Team kepada anak-anak yang membutuhkan. Dok. BAC

“Ini merupakan bentuk terima kasih kami kepada warga di sekitar tambak dan muara di pesisir Bekasi dan Jakarta, juga pemukiman pemulung di sekitar kolam pemancingan lele wilayah Pulo Gebang karena kerap menyambut hangat kami ketika melakukan kegiatan mancing di sana sejak 2015 lalu. Sementara BAC sudah didirikan pada 17 Agustus 2010,” ujar Melvin Hedisa, ketua BAC kepada SM, Senin (29/5).

Dicetuskannya kegiatan ini berawal dari obrolan warga kepada pemancing perihal anak mereka yang sangat membutuhkan alat tulis untuk belajar. Keadaan ekonomi menjadi faktor keluhan tersebut dilontarkan, sehingga menumbuhkan rasa empati dari para pemancing.

“Dari situ kita mulai melakukan sosialisasi kepada warga membahas mengenai keperluan sekolah anak-anak mereka, serta minimnya tempat ibadah di sana,” ucap Melvin. Tidak hanya itu, pendataan kepada perempuan tak bersuami (janda) juga dilakukan untuk memberikan bantuan guna meringankan beban mereka.

Kedepannya, mewakili BAC Melvin berharap agar kegiatan sosial ini bisa dilakukan dengan skala yang lebih luas, dengan menggandeng berbagai komunitas mancing di berbagai wilayah. “InsyaAllah kami ingin gandeng komunitas lain agar program ini tidak berhenti dan bisa berjalan tidak hanya di Bekasi dan sekitarnya, melainkan seluruh Indonesia dengan target desa-desa tertinggal,” tutup dia.

Rencananya, kegiatan lanjutan akan kembali diadakan usai Idul Fitri mendatang. Untuk saat ini BAC dan JW Team yang diwakili Jessica Webb sedang melakukan mengumpulan bantuan yang didapat dari sumbangan para anggotanya yang tersebar di wilayah Bekasi dan sekitarnya. – RPS