Pemkot Singkawang Gelar Lomba Mancing Open 2017

Pemerintah Kota Singkawang akan menggelar Lomba Mancing Open 2017 yang akan dilaksanakan pada 14-16 Juli mendatang di Taman Pasir Panjang Indah, Singkawang, Kalimantan Barat. Terselenggaranya acara ini bertujuan dalam meningkatkan citra kota Singkawang sebagai destinasi pariwisata utama di Kalimantan Barat maupun secara nasional dengan brand Pesona Indonesia dan Pasti ke Singkawang.

Pantai Pasir Panjang, Singkawang, Kalimantan Barat. (dok. yasiralbantani.wordpress.com)

Lomba mancing ini sudah dilakukan sejak tahun 2008 di wilayah bekas pelabuhan lama Kota Singkawang, yakni Pelabuhan Kuala, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang. “Pada saat itu diikuti oleh 30-an kapal tim pemancing yang masing-masing tim terdiri dari 5 orang dan kategori pemenang dibagi atas 3,” kata Suryanto selaku Sekretaris Panitia Lomba Mancing Open 2017, Kamis (15/6).

Pada penyelenggaraan ke lima kalinya ini, lomba akan dilaksanakan di Taman Pasir Panjang Indah yang menjadi titik awal serta menjadi lokasi penimbangan ikan peserta nantinya. Kegiatan mancing akan dilakukan di perairan yang berada di 5 pulau yang jaraknya sekitar 3 mil dari bibir Pantai Pasir Panjang.

“Lokasi kegiatan mancing dilakukan di perairan Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, Pulau Penata Besar, Pulau Penata Kecil, Pulau Randayan dan sekitarnya, (jaraknya) maksimal 3 mil yang dapat dipantau panitia. Dengan mengambil start di lokasi Taman Pasir Panjang Indah, Sedau, Singkawang Selatan pada tanggal 15 Juli 2017 jam 10.00 WIB,” paparnya.

Lomba mancing terbagi dari 2 kategori yang dibedakan berdasarkan jenis ikan tangkapan. Untuk kategori  1 dengan ikan Tenggiri, Talang-talang, Baracuda, Kakap Putih (Baramundi), dan Selayar. Kemudian untuk kategori 2 dengan ikan Kakap Merah, Seminyak, Kurau, Senangin, Senggerat, Manyok, dan Kerapu.

Menurut Suryanto, pendaftaran telah dibuka sejak Selasa 13 Juni 2017 namun belum ada yang mendaftar secara resmi. Meski begitu tanggapan dari pegiat mancing nusantara cukup positif terhadap acara ini. “Sudah banyak juga yang bertanya tentang kegiatan ini, terutama dari komunitas-komunitas penghobi mancing baik dari Singkawang, Kalbar maupun Pulau Jawa, bahkan informasinya ada yang membawa bule dari luar,” ungkapnya.

Lomba mancing ini dilakukan secara tim, yang terdiri dari 5-7 peserta dalam 1 kapal kapasitas minimal 5 GT yang di persiapkan oleh masing-masing tim. Untuk biaya pendaftaran, bagi yang ingin mengambil 1 kategori dikenakan biaya sebesar 750 ribu dan untuk dua kategori sebesar 1 juta.

Acara ini terselenggara berkat kerjsama Pemerintah Kota Singkawang dengan Bank Pembangunan Daerah Kalimatan Barat. Lomba mancing open 2017 ini akan memperebutkan uang tunai dengan jumlah total sebesar 20 juta rupiah, yang terdiri dari Juara 1 Rp 5.000.000, Juara 2 Rp 3.000.000 dan Juara 3 Rp 2.000.000 untuk masing-masing kategori.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kegiatan lomba mancing ini, silahkan kunjungi Facebook Pasti ke Singkawang dan www.humprosingkawang.id. – LP