Patin 60 Kg Berhasil Didaratkan Di Setu Sawangan

Setu Sawangan menampakan tajinya sebagai salah satu spot favorit bagi para pemancing di kota Depok, Jawa Barat. Bagaimana tidak, danau buatan yang berjarak 13 km dari pusat kota Depok ini dihuni oleh spesies ikan air tawar berukuran monster. Bukan sekadar dongeng legenda belaka, Munadi Sam seorang pemancing lokal—membuktikannya dengan mendaratkan ikan Patin seberat 60 kilogram.

Munadi bersama keponakannya berpose di hadapan ikan raksasa buruannya, yaitu ikan patin dengan bobot 60 Kg di Setu Sawangan Depok. (Dok/Munadi)

Rekor pun terpecahkan pada Kamis, (7/9) siang. Munadi yang memang kerap memancing di Setu Sawangan setiap Minggunya, mencatatkan sejarah sebagai pemancing yang mampu mendaratkan sang legenda ke atas daratan kota Depok. Tentu bukan perkara mudah bagi pria yang bekerja sebagai wiraswasta ini untuk memboyong ikan Patin seberat 60 kilogram seorang diri.

Untuk bisa menaklukan monster ikan air tawar itu dirinya perlu berjibaku selama kurang lebih dua jam. Bahkan dalam penuturannya, ia sampai terjun ke tengah danau demi mengikuti alur ikan yang membawanya dalam pertempuran sengit. “Sebelumnya saya melempar kail dari pinggiran danau. Tapi setelah umpan saya dimakan, senar saya ditarik sampai habis. Mau ga mau saya ikutin arah gerak ikan dengan naik sampan,” ujar Munadi kepada SahabatMancing.com, Senin (11/9).

Lebih lanjut, berbekal line ukuran 0.35, mata kail ukuran 14 inci, ril standar 5000 dan joran fiber ultrapower 210 cm, Munadi mengikuti alur perlawanan ikan agar bisa senar tidak putus dan bisa memenangi pertarungan. Akhirnya tepat pada pukul 1 siang, sang predatotor air tawar ini mulai berangsur-angsur kelelahan dan menunjukan tanda menyerah.

Tak perlu pikir panjang, Munadi yang menjadi pemenang dari strike melelahkan ini mendaratkan sendiri ikan patin monsternya ke atas sampan, lalu dibawa ke pinggir danau untuk bisa langsung diboyong pulang ke rumah. Sampan yang terbuat dari bilahan bambu yang diikat satu sama lain, sampai ambles ke dalam air karena menahan beban ikan patin yang dibawa oleh Munandi. Kemudian untuk perjalanan pulang,  ia memanfaatkan isi depan ruang motor maticnya yang luas, untuk meletakan ikan hasil buruannya tersebut

“Jarak ke rumah engga jauh sekitar 10 menit-an. Di sepanjang jalan juga banyak orang yang lihatin karena penasaran. Sampai istri saya sendiri kaget karena sebelumnya engga percaya saya bawa ikan patin besar. Dari situ tetangga pada datang ke rumah buat lihat, karena ikannya saya gantung di pohon depan rumah,” tambahnya.

Munadi, pemancing lokal yang berhasil mendaratkan ikan patin monster dengan bobot 60 Kg di Setu Sawangan, Depok, Jawa Barat. Kamis, (7/9) Dok/Munandi.

Dibagikan Ke Warga Sekampung

Tak ayal ikan patin raksasanya ini menjadi tontonan warga sekitar yang penasaran dengan bobot ikan yang terhitung monster ini. Sampai waktu selepas maghrib, akhirnya Munandi bersama beberapa warga memutuskan untuk mengolah sebagian daging ikan patin agar bisa dinikmati bersama. “Sebagian dagingnya kami olah dengan cara dibakar dan disate. Itu cukup buat warga sekampung. Sisa sebagiannya lagi saya bagikan secara cuma-cuma ke para tetangga,” ujarnya.

Munandi yang sudah menggeluti hobi mancing sejak usia anak-anak ini memang kerap menghabiskan waktu untuk memancing di Setu Sawangan. Di spot ini pula ia mengaku sebelumnya pernah mendaratkan ikan jenis yang sama dengan bobot 40 kilogram. Tidak ada kiat-kiat khusus, Munandi menjelaskan dirinya hanya menggunakan pelet yang sudah diseduh sebagai umpan matang yang kerap disambar oleh penghuni air tawar tersebut.

Ia menduga, di dalam perairan Setu Sawangan masih terdapat ikan-ikan berukuran moster lainnya yang masih belum terjamah manusia. Namun berkat tersiarnya kabar dirinya berhasil mendaratkan ikan patin raksasa. Kian hari kian banyak para pemancing yang turut mencoba peruntungannya di kawasan yang juga menjadi lokasi wisata airnya tersebut.