Program Gemarikan Kembali Ditingkatkan Pemerintah

Program Gemarikan Kembali Ditingkatkan Pemerintah

Bagikan:

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan Rapat Koordinasi Nasional Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN), Kamis (6/4) lalu di Gedung KKP, Jakarta. Dengan melibatkan seluruh komponen/elemen bangsa, KKP kembali mengusung program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dicanangkan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada 4 April 2004 silam.

Dirjen PDSPKP KKP, Nilanto Perbowo saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN), di Jakarta, Kamis (6/4). (Dok. Humas KKP)

Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSKP) Nilanto Perbowo mengatakan, ikan sebagai sumber protein sangat relevan untuk mendukung program prioritas pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dan meningkatkan kemandirian ekonomi berbasis pada kelautan dan perikanan.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi sumber daya ikan sebesar 9.9 juta ton dan potensi luas lahan budidaya 83,6 juta Ha yang dapat dioptimalkan untuk mendorong perluasan kesempatan kerja, serta meningkatkan ketersediaan dan konsumsi sumber protein ikan bagi masyarakat.

“Jika konsumsi ikan nasional meningkat, ini dapat menjadi penghela industri perikanan nasional. Ini juga dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan mewujudkan kemandirian ekonomi untuk mendukung percepatan pembangunan industri perikanan nasional,” kata Nilanto pada KKP News, Kamis (6/4).

Nilanto menambahkan, pelaksanaan program GEMARIKAN tidak hanya menjadi tugas dari Kementrian Kelautan dan Perikanan sebagai instansi teknis yang membidangi kelautan dan perikanan, namun menjadi tugas seluruh komponen institusi, lembaga, dan masyarakatdalam rangka mempersiapkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas. Butuh strategi, koordinasi, dan harmonisasi yang melibatkan seluruh komponen bangsa, salah satunya dengan pembentukan FORIKAN. – LP

(Sumber: KKPNews)

Bagikan:

Leo Permana

Author

Chat