Persiapan Fishing Halmahera Timur 2017 Sudah 80%

Turnamen mancing skala nasional, Fishing Halmahera Timur (FHT) 2017 akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 17 s/d 21 Mei mendatang. Segala persiapan pun terus dilakukan panitia untuk menyukseskan turnamen mancing perdana di Halmahera Timur, Maluku Utara ini.

Fishing Halmahera Timur 2017

Alexander Bassterra, salah seorang perwakilan panitia bagian publikasi acara mengatakan, persiapan event mancing yang dilakukan sejauh ini sudah hampir 80%. Kelancaran dari berlangsungnya acara ini tak lepas dari dukungan panitia yang terlibat, yang terdiri dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Timur bekerjasama dengan organisasi Rumah Mancing dan KamiFC.

“(Persiapan) sudah hampir semua, seperti perkembangan untuk peserta sudah beres, paling tinggal yang disana (Panitia dari Pemkab Halmahera Timur) saja,” ungkapnya saat dihubungi melalui pesan singkat, Senin (17/4).

Antusias peserta pun cukup baik dalam menyambut terselenggaranya turnamen mancing ini, terlebih peserta hanya perlu membayar akomodasi transportasi (tiket pergi-pulang ke Halmahera). Namun, karena keterbatasan kapal yang disediakan Pemkab Halmahera Timur, panitia terpaksa membatasi jumlah tim yang dapat berlomba sebanyak 13 tim yang terdiri dari 8 orang untuk tiap timnya.

“Sayangnya dengan adanya keterbatasan kapal untuk turnamen yang disediakan Pemkab, maka untuk peserta turnamen disiapkan 13 kapal mancing. Jadi peserta turnamen yaitu 13 tim,” tambah dia.

Alex mengatakan, panitia menggunakan sistem gelombang pada pendaftaran peserta turnamen ini, yakni sebanyak dua gelombang. Gelombang pertama dibuka dari tanggal 10-12 April 2017, sudah berhasil mendapatkan sebanyak 10 tim. Dengan begitu panitia hanya membutuhkan tiga tim lagi pada pendaftaran gelombang kedua yang telah dibuka sejak 13-15 April 2017 lalu.

Penggunaan sistem gelombang pada pendaftaran peserta ini dilakukan panitia untuk mencegah banyaknya tim yang ingin ikut berlomba. “Kenapa kita pakai gelombang, untuk mencegah membludaknya tim yang mau ikut dan salah satu persyaratan tim yang mau ikut itu harus bisa menunjukkan tiket pesawat yang sudah di issued,” jelasnya.

Alex menjelaskan, nantinya direncanakan kegiatan mancing akan dimulai pada Kamis sore (18/5) dari Maba hingga berakhir pada Sabtu siang (20/5) di dermaga Buli untuk melakukan penimbangan serta pengumuman pemenang. “Teknik mancing bisa casting, popping, jigging, dan bottom,” jelasnya.

Banyak spot yang akan digunakan nantinya di turnamen mancing ini dengan potensi ikannya yang bervariasi. “Potensi ikan sih setau saya seperti Tuna Gigi Anjing (Dogtooth Tuna), Tuna Mata Belo, Tenggiri, Giant Trevally (GT) dan Kakap Merah,” ujarnya.

Mewakili seluruh jajaran panitia, Alex berharap terselenggaranya turnamen ini diharapkan dapat memperkenalkan Pulau Halmahera Timur sebagai daerah wisata, khususnya destinasi memancing bagi turis lokal maupun mancanegara.

“Harapan dari acara ini agar bisa memperkenalkan Pulau Haltim sebagai daerah wisata yang terkenal indah serta hasil lautnya yang melimpah dan bisa menjadi salah satu destinasi bagi para turis lokal maupun mancanegara,“ tutup dia. -LP