Pameran Alat Pancing IFTE 2016 Resmi Dibuka

penyerahan-tumpeng-yang-diberikan-oleh-penyelenggarar
Penyerahan tumpeng diberikan oleh ketua pameran IFTE 2016, Rivai Susanto kepada perwakilan dari Formasi.

Pameran alat pancing Indonesia Fishing Tackle Exhibition (IFTE) 2016 resmi dibuka pukul 10:00 WIB pada Kamis (15/9). Para pengunjung dari dalam maupun luar kota Jakarta langsung hadir guna memeriahkan acara yang akan diadakan hingga empat hari ke depan ini.

sambutan-diberikan-oleh-rivai-sebelum-pembukaan-acara-pameran-ifte-2016
Sambutan diberikan oleh Rivai sebelum pembukaan acara pameran IFTE 2016

Rivai Susanto, Ketua Pameran IFTE 2016 mengatakan dalam kegiatan pameran tahun ini, pihaknya ingin mengenalkan bahwa memancing itu mudah. “Ini merupakan hal yang berbeda dari pameran sebelumnya,” ucapnya saat sambutan, Kamis (15/9).

IFTE 2016 menurutnya akan dijadikan sebuah momen untuk memperluas pasar pemancing di Indonesia. Sebab ada banyak UMKM selain produsen besar alat pancing yang ikut membuka booth pameran. Langkah ini sehingga mampu menampung ide kreatif para perajin alat-alat pancing.

“Ide inovatif dari pemancing tersebut akan coba digabungkan dan dikembangkan produknya sehingga bisa jadi produk komersial. Sukur-sukur bisa cocok dan bermanfaat untuk pasar lokal dan internasional,” tegas Rivai.

Sambutan lainnya juga diberikan oleh Sulaiman Tamin, Dewan Pembina Federasi Olahraga Mancing Seluruh Indonesia (FORMASI). Ia menyebutkan bahwa pameran IFTE 2016 harus bisa dijadikan sebuah kampanye mengenai pelestarian lingkungan. “Kesadaran harus datang dari pemancing. Kita harus mendekati pemerintah daerah untuk menjaga lingkungan,” jelas dia.

Sulaiman mengajak para pemancing untuk menjaga rantai makanan agar ikan-ikan besar masih tetap bisa mencari makanan (ikan kecil). Karena jika sudah tidak bisa dijaga maka ekosistem akan rusak dan geliat mancing bisa berkurang. “Kalau mau mancing, mancinglah sepuasnya. Tapi harus banyak bikin rumpon dan menjaga lingkungan. Semoga generasi muda bisa meneruskan,” ucap dia.

Acara IFTE 2016 masih berlangsung hingga Minggu (18/9). Berbagai macam peralatan pancing dengan harga khusus hingga doorprize diberikan bagi pengunjung pameran ini. – RPS