100 Ribu Ikan Nila Disebar di Waduk Sekkau

Sebanyak 100 ribu benih ekor ikan ditebar di Waduk Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara (Sekkau), Kompleks Halim Perdana Kusuma, Makasar, Jakarta Timur, Jumat (28/4). Penebaran benih ikan merupakan salah satu program Pemprov DKI Jakarta dalam menyejahterakan seluruh masyarakat, khususnya warga Jakarta Timur.

Penebaran Bibit Ikan di Waduk Halim. (dok. Poskotanews.com)

Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana mengatakan, seluruh benih ikan yang ditebar nantinya boleh diambil warga dengan cara dipancing. “Nanti warga bisa mengambil ikan dengan hanya dipancing setelah empat bulan,” katanya seperti dikutip Poskotanews.com, Jumat (28/4).

Bambang menambahkan, jenis benih ikan yang ditebar ialah ikan Nila. Ikan jenis ini dinilai mampu bertahan hidup di perairan waduk dan cepat berkembang biak serta memiliki nilai protein sangat tinggi. “Mudah-mudahan dengan ditebarnya ikan ini bisa bermanfaat bagi warga khususnya warga Jakarta Timur,” jelasnya.

Salah satu anggota Komunitas Mancing Nila (KOMPENI) asal Jakarta, Yanto (36) menyambut baik dari program Pemprov DKI ini. Ia mengatakan bahwa program ini sangatlah positif karena juga membantu kelestarian lingkungan dan alam sekitar.

“Apa lagi untuk bertujuan untuk hiburan bagi warga masyarakat kota besar pastinya sangat positif. Mungkin saran saya, diimbangi dengan peraturan yang berlaku setidaknya (ada larangan) untuk para (pengguna alat tangkap ikan) jaring jala maupun ngobat, setrum untuk diterapkan karena sangat merusak” ujarnya saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (3/5).

Sementara itu, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Marsekal Pertama TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, pihaknya terus memberikan dukungan terkait penataan dan pemeliharaan lingkungan. “Kami juga akan terus mendukung program Pemprov DKI ke depannya dan dapat terus ditingkatkan. Setelah ditebari ikan, waduk ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat,” ungkapnya.

Dengan kerjasama ini, kata Fadjar, diharapkan sinergitas yang telah terjalin dapat ditingkatkan. Karena itu, pihaknya akan terus mendukung program Pemkot Jaktim dalam melayani masyarakat. “Ini baru yang pertama, mudah-mudahan kedepannya akan banyak program lain yang bermanfaat,” tutupnya. – LP