Negeg Bareng Garonger Tutup Perayaan HUT ARP Community

Rangkaian perayaan hari jadi ARP Community yang kedua ditutup dengan Negeg bareng di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, Minggu (10/12). Sekitar seratusan pemancing yang tergabung dalam komunitas Garonger Nusantara, ikut serta dalam ajang mancing di pesisir pulau yang berjarak selemparan tangan dari Jakarta ini.

Serarusan Garonger berkumpul di Pulau Onrust dalam rangka Negeg bareng perayaan ulang tahun ARP Community yang kedua. (SahabatMancing/HRP)

Meski angin dan arus gelombang sedang tidak bersahabat di sekitar perairan Pulau Seribu, namun tidak sedikit dari pemancing yang berhasil menaikan ikan jenis Baronang yang menjadi buruan utama dalam acara fun fishing tersebut. Dengan mengandalkan joran tegeg dan umpan lumut, para garonger rela turun ke laut untuk mancing atau ngoyor demi memburu rabbitfish yang jamak ditemui di perairan laut dangkal.

Hentakan tegeg khas mancing garong sudah saling bersahutan sejak acara mancing dimulai pada pukul 7 pagi. Diawal-awal kompetisi, ikan yang berhasil mendarat didominasi Baronang berjenis Lingkis dengan ukuran setelunjuk jari dewasa. Meski berukuran kecil, ikan ini tetap ditimbang untuk menentukan juara. Pasalnya pihak panitia menyediakan juara di kategori ikan terkecil untuk memeriahkan acara mancing bareng ini.

Namun ada juga garonger yang berhasil mendaratkan Baronang berjenis tompel dengan ukuran yang lebih besar. Seperti halnya Sulton Makmur yang sukses menaklukan Baronang Tompel dengan ukuran 428 gram sekitar pukul 10:00 pagi menjelang siang. Kemudian hal serupa juga dialami oleh Ayom Doedoet yang mampu mendaratkan ikan yang sama dengan berat yang lebih ringan yaitu 415 gram.

Para garongers terjun ke laut untuk ngoyor demi bisa mendaratkan ikan Baronang atau Rabbitfish.

Lalu susul-susulan strike terus terjadi namun tidak ada yang berhasil menggeser Sulton dari posisi puncak juara. Hingga acara mancing ditutup pada pukul 12:00 siang, terpilih enam juara di kategori terberat dan lima juara di kategori terkecil.

Masing-masing juara berhak mendapatkan hadiah peranti mancing berupa Joran Tegeg dari ARP dan Garonger Nusantara. Menurut Amin selaku perwakilan ARP Community, jika pihaknya bersyukur acara Negeg bareng berlangsung lancar dan sukses meski terkendala cuaca yang kurang mendukung.

“Walaupun sedikit khawatir karena cuaca kurang bersahabat, tapi semuanya terbayar dengan hasil strike pemancing yang terhitung bagus. Bahkan ikan yang naik juga banyak dan ukurannya lumayan besar,” ujar Amin kepada SahabatMancing.com, Minggu (10/12).

Hal senada juga dikatakan oleh Sulton selaku kampiun juara yang berhadap acara serupa bisa diadakan kembali oleh ARP Community dengan skala yang lebih besar. “Senang sekali bisa menjadi juara yang diadakan oleh ARP. Untuk ARP dan Garonger semoga makin sejahtera dan sering membuat acara seperti ini,” ujarnya.

Amin berharap dalam momentum ulang tahun ARP Community, bisa menjadi milestone bagi ARP Group untuk kian berkembang menapaki industri pancing di Indonesia.

Berikut daftar juara Negeg bareng ARP Community bersama Garonger Nusantara

Kategori Terberat

  1. Sulton Makmur,  Baronang Tompel 428 gram
  2. Ayom Doedoet, Baronang Tompel 415 gram
  3. Yans, Baronang Tompel 365 gram
  4. Riza Sash, Baronang Tompel 353 gram
  5. Monte, Baronang Tompel 352 gram
  6. Indra Tekel, Baronang Tompel 339 gram

Kateogori Terkecil

  1. Budiman Jii, Baronang Lingkis 6 gram
  2. Ichang Asin, Baronang Lingkis 7 gram
  3. Sinyo, Baronang Lingkis 8 gram
  4. Mulyadi, Baronang Lingkis 10 gram
  5. Kenari, Baronang Lingkis 13 gram