Milad Ketiga, Pasiraner Bantul Gelar Guyub Rukun Mancing Bareng

Komunitas Pasiraner Bantul siap merayakan hari jadinya yang ketiga dengan menggelar event ‘Guyub Rukun Mancing Bareng’ pada 18 Pebruari 2018 di kawasan Pantai Cangkring, Bantul. Hampir serupa dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya, HUT tahun ini juga dihelat lomba mancing pasiran untuk merekatkan kembali silatuhrami sesama pegiat mancing se-Yogyakarta dan sekitarnya.

Sekitar 1320 pemancing pasiran meramaikan event turnamen mancing dalam rangka HUT Pasiraner Bantul ke-2 di pesisir Pantai Cangkring, Bantul, tahun lalu. (Dok/Bung Pigay)

Dengan menyematkan tema ‘Satu Joran Sejuta Kawan’, diproyeksikan ribuan pemancing bisa ambil bagian dalam ajang turnamen tahunan tersebut. Hal ini diutarakan langsung oleh Bung Pigay selaku panitia. Bung Pigay yang merupakan panggilan akrab di lingkungan para pemancing menuturkan, jika melalui event ini pihaknya berharap bisa menjaring sekitar 1500 peserta dari dalam dan luar Yogyakarta.

“Event tahun lalu kami berhasil menghimpun sekitar 1320 peserta. Tahun ini kami targetkan bisa melebihi pencapaian tahun sebelumnya. Intinya niat kami ingin mempertemukan semua pehobi mancing pasiran di wilayah Jogja dan sekitarnya, tanpa melihat perbedaan warna jersey dan dari komunitas mana,” ujarnya kepada SahabatMancing.com, (30/12).

Lebih lanjut, meski hajatan ulang tahun dan event mancing pasiran baru akan diselenggarakan sebulan mendatang, Pigay optimis bisa menembus torehan peserta lebih banyak dibanding tahun lalu. Terlebih ia mengakui jika sudah ada beberapa grup dan komunitas yang konfirmasi untuk hadir.

“Dari Yogya ada Senopati, Bayu Samudro, Pasiraner Jogja, Pasir Sekar Parangtritis, Persada, JSA, MMJ, FFJ, BMP, NH dan masih banyak yang lainnya. Dari luar ada KFC Kebumen, PUMMA, Kompi, KTP dari Purworejo, Mancing Mania Pacitan, BMW dan Magelang,” tambahnya.

Diluar itu lanjutnya, member Pasiraner Bantul di Facebook total berjumlah sekitar 4000 pemancing. Alhasil bukan tidak mungkin target yang dicanangkan dalam event HUT Pasiraner Bantul ketiga bisa tercapai.

Untuk turnamen mancing pasiran sendiri, kembali akan diselenggarakan di pesisir Pantai Cangkring, yang berjarak sekitar 35 km sebelah selatan pusat Kota Yogyakarta. Garis pantai selatan Jawa yang membentang ribuan kilometer ini memang sangat cocok dinobatkan sebagai spot andalan mancing pasiran.

Ikan-ikan yang menjadi buruan umumnya ikan spesies karang seperti; keluarga Trevally, Ikan Pompane, Bojor, dan Parung. Pada turnamen nanti akan dilombakan dua kategori; pertama ikan sisik dan ikan non-sisik. Ada lima juara yang akan terpilih di lomba mancing pasiran ini, tiga juara di kategori ikan sisik, dan dua juara di kategori ikan non-sisik.

Masing-masing juara akan mendapatkan Peranti mancing berupa Joran Shimano berbagai jenis seperti; Twin Power, Acrocast, Surfleader dan Reel Shimano Biomaster, Navi, serta piala bergilir Master Pasiraner Bantul. Bagi peserta yang ingin mengikuti turnamen ini, hanya perlu merogoh kocek senilai Rp50 ribu untuk banderol satu tiket. Biaya itu sudah termasuk dengan makan siang, minum, hiburan dan juga doorprize.

Untuk informasi dan pendaftaran sila hubungi: Bung Pigay +62 878-1252-3786