Mancing Mania Manado Menangkan Piala Presiden

Komunitas Mancing Mania Manado (3M) sukses meraih juara pada turnamen mancing internasional bertajuk ‘Widi International Fishing Tournament (WIFT) 2017 di Halmahera Selatan, Maluku Utara, Minggu lalu. Atas raihannya tersebut, 3M berhak mendapatkan hadiah utama Rp100 juta serta piala bergilir Presiden Jokowi.

Komunitas Mancing Mania Manado sukses meraih juara pertama pada gelaran lomba mancing bertajuk ‘Widi International Fishing Tournament’ di Halmahera Utara, minggu lalu selama 5 hari. Foto: Dokumentasi Mancing Mania Manado.

Peluang juara nampaknya mulai terlihat pada komunitas mancing asal Sulawesi Utara ini, dimana sejak hari pertama, 3M sudah berhasil mendapatkan ikan spesies Billfish. Selain menjadi juara umum, tim 3M juga memenangkan kategori spesies Kuwe dengan 21.35 poin. Dengan raihan itu, otomatis kapten kapal yang menahkodai tim 3M berhasil keluar sebagai kapten terbaik dan membawa pulang hadiah Rp10 juta.

“Kami mendapatkan spot jigging yang potensial pada hari pertama. Beberapa ikan kami dapatkan, khususnya jenis Billfish, namun kalah poin dengan tim lain. Hingga akhirnya pada hari ke 3, kami sukse strike ikan Kuwe (Giant Trevally) jam 11.15 waktu setempat dengan bobot 22kg,” ungkap Gianlee Waworundeng, perwakilan Mancing Mania Manado ketika dihubungi via pesan singkat, Senin (30/10).

Dengan prestasi yang didapatkan, Gianlee mewakili rekan-rekannya merasa senang dan bersyukur bisa mengharumkan nama Mancing Mania Manado dan Sulawesi Utara pada umumnya turnamen berskala internasional ini.

Sementara untuk tempat kedua diraih oleh tim Harvest dari Jakarta setelah menumpulkan 210 poin dengan hadiah uang tunai Rp50 juta. Tiga posisi berikutnya diisi oleh Bluefin (100 poin), AS Fishing (21,95 poin) dan ZFC Bali (21,95 poin). Ketiganya masing-masing mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 30 juta, Rp 25 juta dan Rp 15 Juta. Sementara kategori Billfish yang merupakan jackpot utama sukses kembali didapatkan Harvest (200 poin) dan berhak mendapatkan uang tunai Rp50 juta.

Perhelatan Widi International Fishing Tournament ini sukses digelar selama lima hari yang diikuti oleh komunitas mancing lokal maupun mancanegara. Mewakili Presiden yang tidak bisa hadir, Menko Kemaritiman, Luhut Pandjaitan memberikan sambutan serta meresmikan pembukaan pada Senin (25/10).

Sementara Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, menyerahkan langsung piala bergilir Presiden RI dalam acara penutupan di Pelabuhan Laut Babang, Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara pada Ahad (29/10) malam WIT.

Perlombaan ini digelar guna mempromosikan Maluku Utara sebagai tujuan wisata mancing terbaik yang ada di Indonesia kepada dunia luas. Kontur perairan perairan berupa karang-karang potensial di ‘gerbang’ antara Pasifik dan lautan Indonesia membuat perairan Halmahera Utara sebagai habitat ikan-ikan monster seperti Trevally, Tuna hingga Billfish. RPS (source. Rep)

Juara Utama:

1. Mancing Mania Manado

2. Tim Harvest Jakarta

3. Bluefin

4. AS Fishing

5. ZFC Bali

Juara Harian:

1. Tim Harvest (Jakarta)

2. Bluefin