Maguro Cast and Bro 2: Casting dan Pelestarian Lingkungan Jatijajar

Kegiatan Maguro Cast and Bro tahap kedua selesai diselenggarakan pada Minggu (10/12) di Situ Jatijajar, Depok, Jawa Barat. Perlombaan mancing yang menggunakan teknik casting tersebut diikuti sebanyak 152 castinger dari berbagai wilayah di Jabodetabek dengan diselingi kegiatan tebar benih ikan dan penanaman pohon di area danau.

Perwakilan dari Maguro, panitia setempat serta komunitas mancing yang hadir sedang melepaskan bibit ikan ke Situ Jatijajar, Depok, Jawa Barat usai menggelar perlombaan mancing bertajuk Maguro Cast and Bro 2 di tempat yang sama, Minggu (10/12). Sahabatmancing/Rico Prasetio.

Pada penyelenggaraannya kali ini, Maguro melakukan lebih konsentrasi kepada pelestarian lingkungan di sekitar lokasi perlombaan seperti penebaran benih ikan konsumsi dan penanaman pohon. Tindakan tersebut sebagai bentuk tanggung jawab Maguro serta para pemancing terhadap kelestarian dan keseimbangan ekosistem.

“Bahwa kegiatan sosial (tebar benih dan tanam pohon) menjadi salah satu tujuan dari kegiatan ini selain sebagai ajang berkumpul para castinger dari berbagai komunitas di Jabodetabek,” jelas Lastiyo Kusumo, pembina Maguro.

Dalam sambutannya sebelum acara, Lastiyo menyerukan kepada para peserta untuk tetap mengobarkan semangat silaturahmi satu sama lain, khususnya castinger di Indonesia. Pada kesempatan ini, ia juga menyampaikan bahwa Maguro selalu membuka kesempatan kepada para komunitas yang ingin melakukan kegiatan serupa di wilayah masing-masing.

“Kita bersama-sama terus mempererat tali persaudaran di dunia mancing ini. Semoga acara ini bisa terus kita lakukan bersama-sama,” ucap Lastiyo menutup sambutannya.

Pemancing atas nama Yudha Apriano sukses memenangkan perlombaan casting usai mendapatkan ikan Gabus dengan panjang 56 cm pada pukul 07:15 WIB.

Situ Jatijajar merupakan kawasan ekowisata yang terletak di tepian jalan raya Jakarta-Bogor. Sebagai daerah resapan air, danau dengan luas 6,5 hektar ini juga dikelola warga sekitar yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sebagai lokasi wisata.

“Kami dari Pokdarwis juga mengelola wahana sepeda air bagi wisatawan dan beberapa (warga) di sini juga melangsungkan kegiatan bercocok tanam dan perikanan,” jelas pengurus Pokdarwis, Iwan Bakri kepada SahabatMancing.com usai penanaman pohon.

Iwan mewakili warga sekitar mengucapkan banyak terima kasih serta mendukung kegiatan seperti ini karena mengangkat isu pelestarian lingkungan. Ia mengucapkan bahwa penanaman pohon penting dilakukan mengingat akhir-akhir ini pemanasan global santer dirasakan.

“Sebelumnya sama sekali tidak pernah ada yang melakukan kegiatan seperti ini (penebaran benih dan tanam pohon). Oleh sebab itu kami antusias sekali dan mendukung. Semoga kedepannya akan ada lebih banyak kegiatan serupa di lokasi ini,” tutup Iwan.

Maguro Cast and Bro tahap ketiga akan kembali diselenggarakan pada 24 Desember 2017 di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta. Castinger diharapkan mempersiapkan diri baik secara perorangan maupun komunitas karena Maguro menyediakan banyak hadiah – RPS