Lomba Mancing Selat Sunda Akan Meriahkan AKCF 2017

Lewat gelaran Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2017, Pemerintah Kabupaten Serang, Banten mengadakan berbagai kegiatan yang bertajuk seni dan budaya. Salah satu kegiatannya adalah lomba mancing yang akan diselenggarakan di beberapa spot favorit di perairan Selat Sunda pada 20 Agustus 2017 mendatang.

Ilustrasi kegiatan mancing di perairan Pulau Sangiang, Selat Sunda. Dok. IFT Fishing

Tak tanggung-tanggung, uang tunai total Rp90 juta sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Serang yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Provinsi Banten, sebagai hadiah pada lomba mancing tersebut.

Seperti yang diutarakan langsung oleh Akong Gondrong, selaku Project Director Lomba Mancing Selat Sunda, jika Anyer Krakatau Culture Fest (AKCF) 2017 menjadi ajang tahunan yang akan diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Serang mulai pada tahun 2017 ini.

Menurut Akong, khusus untuk kegiatan Lomba Mancing Selat Sunda, sudah rutin diadakan pada agenda tahun-tahun sebelumnya. Namun untuk tahun ini, skalanya lebih diperbesar lagi baik dari segi jumlah peserta, maupun total hadiah yang diperebutkan.

“Pada tahun ini para peserta yang mendaftar bukan hanya dari masyarakat Serang saja, tapi juga tersebar sampai ke Jakarta, Depok, Bekasi dan Bogor. Untuk tahun ini kami tergetkan bisa menjangkau sampai 300 peserta,” ujarnya kepada SahabatMancing.com melalui sambungan telepon, Selasa (1/8).

Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Serang, H. Tahyudin mengungkapkan, peserta tak perlu khawatir dengan akomodasi kapal yang akan digunakan selama perlombaan mancing ini. Karena pihak panitia sudah menyiapkan puluhan unit perahu dengan kapasitas enam orang untuk setiap perahunya.

Nantinya peserta hanya perlu membayar senilai Rp200 ribu per perahu sebagai biaya sewa dan juga biaya asuransi selama perlombaan berlangsung. “Diluar itu juga kami tetap lakukan langkah antisipasi, dengan menyediakan perangkat kesehatan dari dua puskesmas di Kecamatan Anyer dan Cinangka,” tutur Tahyudin.

“Disiapkan pula dua unit mobil ambulance dan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Serang. Karena acara ini terselenggara atas kerjasama seluruh dinas terkait,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretariat Daerah Kabupaten Serang, Agus Erwana menambahkan, Dermaga Pelabuhan Paku dijadikan sebagai titik keberangkatan awal untuk kemudian peserta akan menaiki perahu dan bergerak ke arah Pulau Sangiang di Selat Sunda. Menurut Agus, pulau Sangiang sudah sangat dikenal sebagai perairan laut yang kaya akan biota ikan-ikan.

Kategori yang akan dilombakan mulai dari Hobi Perorangan, Perahu Nelayan dan Perahu Katir. Kemudian untuk ikan yang akan dihitung dalam lomba meliputi; Marlin, Tenggiri, Gerong/Koe, Kerapu, Kakap, dan lain sebagainya. Perlombaan akan dimulai pukul 05:30 WIB sampai 15:00 WIB.

Pendaftaran peserta bisa menghubungi nomor 087774127234 (Akong) atau melalui website https://anyerkrakataufest.com/pendaftaran-peserta-akcfest2017/HRP

Poster Lomba Mancing Selat Sunda. Dok: AKCF 2017