Lebih Dari 800 Peserta Hadiri Piala Bupati Kulonprogo

Lebih dari 800 orang pemancing pasiran memadati Pantai Imorenggo, Kulonprogo, Yogyakarta untuk mengikuti kegiatan mancing bersama memperebutkan piala bergilir Bupati Kulonprogo, Minggu (14/5).

Para pemenang kegiatan mancing bareng Jogja Surf Angler yang memperebutkan Piala Bupati Kulonprogo berfoto bersama panitia dan perwakilan dari Bupati di atas panggung, Minggu (14/5). (Dok. Jogja Surf Angler)

Sesuai dengan tema acara ‘Konco Mancing Dadi Sedulur’, kegiatan ini mendapatkan antusias dari ‘pasiraner’ (sebutan pemancing pasiran) perwakilan beberapa komunitas untuk saling bertemu.

“Guna memenuhi kebutuhan konsumsi peserta, kami (panitia) sengaja membatasi pendaftaran agar panitia tidak kewalahan,” ungkap Eko Santoso, ketua Jogja Surf Angler, salah satu komunitas pencetus acara kepada SM melalui pesan singkat, Senin (15/5).

Eko mengatakan, sebanyak 20-an komunitas pasiraner tersebut berasal dari berbagai kota di pesisir selatan Jawa Tengah, Jogja dan Jawa Timur. Mereka sengaja hadir untuk memeriahkan acara ini.

“Perkembangan mancing (pasiran) tumbuh secara cepat. Hal tersebut dikarenakan beberapa komunitas mancing di sini kerap mengadakan kegiatan mancing bareng,” tambah Eko.

Walau Bupati Kulonprogo yang direncanakan hadir harus diwakili pelaksana tugasnya, namun acara ini berjalan tanpa hambatan berarti. Pihak pemerintah daerah, seperti kesepakatan bersama, sangat mendukung kegiatan ini.

“Alasannya tidak lain karena kegiatan ini diikuti oleh banyak orang dai berbagai wilyaha sehingga mampu mempromosikan pariwisata di Pantai Imorenggo,” jelas Eko. Harapannya, acara ini bisa diselenggarakan lebih meriah lagi dari sebelumnya. – RPS