Dukung Program KPN, Lantamal X Jayapura Tebar 4200 Benih Mujair

Sebanyak 4200 benih ikan Mujair ditebar oleh Lantamal X Jayapura di kolam resapan Satuan Komunikasi (Satkom), Mako Lantamal X, Jayapura pada Jumat (16/6) lalu. Kegiatan ini dilakukan guna mendukung program Ketahanan Pangan Nasional (KPN) di wilayah Papua.

Penebaran benih Mujair oleh Wadanlantamal X Kolonel Laut (P), Rakhmawanto (kiri) di kolam resapan Satuan Komunikasi (Satkom), Jumat (16/06). (dok. www.tnial.mil.id)

Wadanlantamal X Kolonel Laut (P), Rakhmawanto mewakili Danlantamal X dalam sambutannya mengatakan, bahwa benih ikan mujair ini merupakan bantuan dari Balai Benih Ikan Sentral Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua.

“Terima kasih kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua atas bantuan benih ikan yang telah diberikan dan besar harapan bahwa kerja sama ini dapat terus dilanjutkan ke depannya, sehingga sinergitas yang telah terjalin dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan konsumsi ikan,” katanya seperti yang dikutip dari www.tnial.mil.id sesaat sebelum penebaran benih, Selasa (20/6).

Rakhmawanto pun berharap, semoga benih ikan Mujair yang akan dilepas di kolam ini dapat tumbuh besar dengan cepat sehingga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari. “(Kegiatan ini) sekaligus dapat mendukung suksesnya program “Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN)” yang telah dicanangkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI,” ujarnya.

Salah satu perwakilan dari pihak Lantamal X, Bambang mengatakan, masyarakat sekitar sangat berapresiasi dari kegiatan ini dan nantinya mereka diperbolehkan memancing bila ikan yang ditebar telah siap panen. “(Masyarakat) bisa memancing disini dan mereka memang telah biasa mancing disini bersama anggota TNI pada sore hari,” ungkap Bambang saat dihubungi melalui telepon.

Kegiatan ini selain dihadiri oleh Wadanlantamal X Kolonel Laut (P) Rakhmawanto, S.E., juga dihadiri oleh Asintel Danlantamal X Letkol Laut (E) Sadikin Rijali, Kadispotmar Lantamal X Letkol Laut (KH) Bambang Gunardi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Drs. FX Mote, M.Si. beserta stafnya dan perwakilan personel Mako Lantamal X Jayapura. – LP