Negeg di Pulau Onrust Bersama Hinomiya & ARP

Produsen alat pancing Hinomiya sukses menyelenggarakan turnamen mancing negeg keduanya bertajuk “Kopdar Negeg Bersama Hinomiya” pada Minggu (14/5) di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu. Gelar juara berhasil didapatkan Mamo dari komunitas Garonger Nusantara (Garnus) dengan ikan tangkapan Baronang Tompel dengan berat 478 gram.

Penyerahan Hadiah Utama turnamen mancing “Kopdar Negeg Bersama Hinomiya” yang berhasil didapatkan Mamo dari Komunitas Garonger Nusantara (Garnus), Minggu (14/5) di Pulau Onrust, Kep. Seribu. Hadiah diserahkan oleh Amin (kanan) selaku perwakilan dari Aneka Raya Pancing.

Turnamen ini diikuti oleh 161 orang peserta yang mayoritas berasal dari komunitas Garnus. Dari ratusan peserta tersebut, Mamo berhasil memenangkan turnamen mancing Kopdar Negeg Bersama Hinomiya ke-2 ini, dan berhasil mambawa pulang hadiah utama ,yakni Joran Shimano Liang Feng 540 dan tropi.

Perlombaan dimulai dari jam 07.00 setelah sebelumnya peserta melakukan daftar ulang dan pengisian kuisioner yang nantinya akan diundi saat waktu istirahat nanti. Peserta pun langsung mamadati area memancing yang berada di sekitar area belakang Pulau Onrust.

Area mancing berada 10-15 meter dari pinggir pantai, dengan kedalaman yang bervariasi dengan kondisi spot yang dipenuhi batuan karang yang biasa menjadi habitat ikan Baronang dan ikan karang lainnya.

“Kedalaman variasi rata-rata di atas 2 meter, dengan banyak batu-batu (karang) yang biasa digunakan peserta untuk berdiri atau duduk (saat negeg). Ikannya Baronang dengan macam jenis spesiesnya, (seperti) linggis, batik, tompel, angin, jalu dan kita juga ada juara kategori spesies untuk spesies jalu dan kea-kea,” kata Fandy Arifin selaku perwakilan panitia saat ditemui di lokasi, Minggu (14/5).

Fandy mengatakan tujuan diselenggarakan turnamen mancing ini untuk menjalin silaturahmi bersama komunitas mancing negeg, seperti komunitas Garnus. Turnamen ini direncanakan akan kembali diselenggarakan pada tahun 2018 di Merak.

“Untuk lokasi selanjutnya di merak, lagi disurvei lokasinya, rencana untuk acara negeg bareng tahun depan pada bulan Mei,” ujar Fandy.

Perwakilan dari Aneka Raya Pancing, Amin berharap kedepannya pemancing Baronang bisa semakin berkembang lagi sehingga mampu mengikuti event lebih meriah dari sebelumnya. “Intinya mereka (peserta) juga lebih senang dan lebih rame,” tutupnya.

Kopdarnas negeg bersama Hinomiya & Aneka Raya Pancing terselenggara sebagai bentuk apresiasi produsen alat pancing tersebut kepada para pemancing, khususnya garonger. – LP