Ini Daftar Pemenang Event Selayar Fishing Tournament

Gelaran Selayar Fishing Tournament 2017 telah rampung diselenggarakan pada 11-12 November 2017 kemarin. Event tahunan Kabupaten Kepulauan Selayar itu menyisakan euforia kemenangan para pemancing yang berhasil keluar sebagai kampiun juara. Bukan hanya dari sisi inidividu pemancing, turnamen Selayar kali ini juga menasbihkan tim dan komunitas mancing yang sukses mengangkat trophy Bupati Selayar. Siapa sajakah?

Para peserta Selayar Fishing Tournament tengah memamerkan hasil tangkapan ikan yang diraih selama perlombaan berlangsung. (Dok/Batara Gau)

Event akbar perayaan hari jadi Kabupaten Selayar ke-412 ini menuai sukses dibenak para pemancing. Setelah dua tahun sempat vakum, comeback Selayar Fishing Tournament menjadi sejarah baru kebangkitan wisata mancing di kabupaten paling ujung di provinsi Sulawesi Selatan itu.

Tak ayal sekitar 300 pemancing dari berbagai daerah turut serta dalam kompetisi mancing yang digelar di sekitar laut flores tersebut. Para peserta turnamen Selayar tidak saja merindukan panorama bahari kabupaten yang terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil itu, tapi juga telah lama menantikan sensasi sambaran predator-predator bawah laut penghuni perairan Selayar.

Tepat pada hari Sabtu, (11/11) waktu setempat, tak kurang dari 50 kapal yang diisi oleh peserta dari berbagai komunitas dan klub mancing di seluruh Indonesia, berbondong-bondong mengarungi perairan Selayar  demi ambisi menjadi jawara di ajang mancing tahunan itu.

Mereka dilepas langsung oleh Bupati Selayar, Muhammad Basli Ali menuju spot mancing disekitar perairan Appatanah, Bahuluang Polassi. Tak ketinggalan, Basli Ali juga turut berlayar untuk mengikuti lomba mancing yang memang sudah menjadi hobinya sejak lama. Bersama para peserta, orang nomor satu di Selayar itu menghangatkan atmosfir kompetisi untuk mendaratkan buruan monster air asin.

Semua teknik mancing diperbolehkan diterapkan dalam turnamen Selayar. Umumnya peserta menggunakan teknik Bottom Fishing (dasaran), Trolling, Popping, dan Jigging. Lomba pun berlangsung begitu sengit dan berjalan sportif, mengingat panitia menerapkan sistem bukti penayangan video bagi peserta saat proses strike berlangsung.

Peserta mengabadikan hasil tangkapan ikan dalam lomba Selayar Fishing Tournament 2017

Hal tersebut buah pengalaman dari penyelenggaraan turnamen tahun-tahun sebelumnya yang sempat menyisakan polemik saat penghitungan hasil tangkapan peserta. Untuk itu pada tahun ini, penerapan bukti video saat proses strike menjadi harga mati yang perlu ditunaikan oleh peserta jika tidak ingin tangkapannya tidak dihitung oleh panitia.

Hingga perlombaan berakhir, hasil klasmen menunjukan tim mancing Fortis-1 keluar sebagai juara umum dengan torehan total ikan terberat. Fortis-1 berhasil mendaratkan total ikan seberat 24,55 kilogram, berselisih tipis dengan tim Adhi Fishing Club yang menempati posisi kedua dengan tangkapan seberat 20,75 kg dan GT Fishing di posisi ketiga dengan torehan 19,55 kg.

Ketiga juara ini masing-masing diganjar hadiah utama uang tunai senilai Rp35 juta untuk Fortis-1 sebagai juara umum, Rp25 juta untuk Adhi Fishing Club di posisi kedua, dan Rp15 juta untuk GT Fishing Club yang mengisi juara ketiga. Diluar itu terdapat pula kategori spesies induk terberat yang berisi pemancing perorangan dengan hadiah masing-masing senilai Rp2 juta.

I. KLASIFIKASI JUARA UMUM:
JUARA TOTAL BERAT (KG) NAMA TEAM
1. 24.55 KG Fortis-1
2. 20.75 KG Adhi Fishing Club
3. 19.55 KG GT Fishing

II. KLASIFIKASI JUARA SPECIES:
JENIS IKAN PEMANCING:

Juara Species Tenggiri/Wahu 17.60 Wahuu Irham Fortis-1
Juara Species Tuna 12.30 KG Dogtooth Tuna Ifan BSM-1
Juara Species Kuwe 4.60 KG GT Topik Losari FC
Juara Species Kakap/Kurisi 9.20 KG Ruby Snapper Surya Gudang sakti
Juara Species Amberjack 6.70 KG Amberjack Bambang PHH-1
Juara Species Barakuda 6.00 KG Barakuda Achang Boeltap FC
Juara Species Lain 6.10 KG Kerapu Ardi PHH-1
Juara Khusus Bill Fish C&R (none)
Juara Species Khsus Escolar/Oilfish 35.35 KG Escolar Tato Gudang sakti