IFT Berbagi: Menghidupi Potensi Spot Liar Ibukota

International Fishing Tackle (IFT) tak henti-hentinya melakukan kegiatan bertemakan peduli lingkungan hidup Indonesia. Dengan fokus utama menjaga keberlangsungan ekosistem perairan di seputaran wilayah Jabodetabek, IFT memiliki agenda rutin melaksanakan penebaran benih jenis ikan konsumsi ke sejumlah danau atau situ di Ibukota.

Pihak IFT Member bersama penjaga waduk melaksanakan kegiatan penebaran benih ikan di tengah areal Waduk Grogol. Ada sekitar kurang lebih 7000 benih ikan Nila, Mujair dan Lele yang ditebar oleh IFT di dua lokasi di Jakarta. (SahabatMancing/Heksa RP)

Seperti pada baru-baru ini IFT kembali menebarkan sebanyak kurang lebih 7000 benih ikan. Benih yang terdiri dari ikan Mujair, Nila dan Lele ini, disebar di dua lokasi yaitu di Taman Situ Lembang dan di Waduk Grogol pada hari Sabtu (16/9) waktu setempat. Seperti biasa, penebaran benih ini dilakukan langsung oleh pihak IFT bersama penjaga waduk setempat dengan menggunakan sampan (perahu kecil) di tengah waduk.

Perairan di tengah waduk disinyalir sebagai tempat terbaik untuk dilakukan penebaran, agar nantinya proses pertumbuhan benih ikan tidak terganggu dengan aktifitas manusia yang berada di pinggiran waduk. Kemudian dipilihnya Waduk Grogol dan taman Situ Lembang sebagai lokasi penebaran ikan bukannya tanpa alasan.

Menurut Purnomo selaku Koordinator IFT Member, karena di dua lokasi tersebut kerap dikunjungi oleh warga Ibukota untuk memancing atau sekadar berekreasi, meskipun kondisi ekosistem waduk kurang terjaga dengan baik.

“Ini merupakan suatu wujud nyata kami untuk ikut serta menjaga keberlangsungan potensi spot mancing di Jakarta. Melalui program IFT Berbagi, kami setiap tahunnya rutin melakukan penebaran benih jenis ikan konsumsi ke sejumlah waduk seperti di Situ Lembang, Waduk Grogol, Danau Sunter dan lain sebagainya,” ujarnya kepada SahabatMancing.com.

Bukan kebetulan belaka, jika pada saat bersamaan Pemprov Jakarta tengah mengeruk endapan lumpur yang membentuk sedimentasi di dasar perairan Situ Lembang. Sedimentasi ini yang menyebabkan rusaknya ekosistem ikan penghuni Situ Lembang berdasarkan kajian dari SUDIN Sumber Daya Air DKI Jakarta,

Kendati begitu, hal tersebut tak menyurutkan langkah IFT untuk melakukan penebaran benih, yang disaksikan langsung oleh masyarakat yang tengah menikmati semilir angin di ruang terbuka hijau tersebut. Salah satu warga yang juga sering memancing di sekitar Taman Situ Lembang, mengapresiasi aksi penebaran benih yang dilakukan oleh IFT. Ia berharap benih yang sudah ditebar ini bisa berkembang biak, dan mempercantik pesona taman yang menjadi ruang terbuka hijau di Pusat Ibukota tersebut.

“Semoga saja bagi pemancing yang dapat ikan ini bisa dirilis kembali, karena ukurannya masih kecil-kecil. Sayang aja udah ditebar benih banyak, tapi belum besar sudah pada diangkatin,” tukas warga yang enggan menyebutkan namanya itu.

Penebaran benih di tengah-tengah hiruk pikuk perkotaan kawasan Waduk Grogol.