Garnus Lakukan Kemitraan Pelestarian Lingkungan Dengan PPN Brondong

Komunitas pemancing Garonger Nusantara (Garnus) melalui perwakilannya di Jawa Timur baru saja melakukan kemitraan pelestarian lingkungan dengan pengelola Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, Lamongan, Jawa Timur, Minggu (23/4). Kemitraan tersebut dilakukan bersamaan dengan event kopdarnas di tempat dan lokasi yang sama.

Para peserta Kopdarnas Garonger Nusantara (Garnus) berfoto bersama sebelum mengikuti perlombaan mancing di tepian Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Brondong, Lamongan, Jawa Timur, Minggu (23/4). Kopdarnas menjadi momen kemitraan kelestarian lingkungan dengan pihak PPN Brondong di seputaran Jawa Timur. Sahabatmancing.com/Sendy Zaman.

“Pelestarian dikonsentrasikan pada bidang kelestarian kelautan. Namun pertama mungkin akan dilakukan penanaman pohon perindang di sekitar pelabuhan Brondong dalam waktu dekat ini,” jelas Deni Septa Yoedha, salah seorang perwakilan Garnus Jawa Timur kepada SM, Senin (24/4).

Kemitraan ini merupakan bentuk tindak lanjut atas kerjasama yang dilakukan oleh Garnus dengan PPN Brondong. Seperti diketahui, PPN Brondong kerap memberikan berbagai support di setiap kegiatan yang dilakukan oleh Garnus.

Oleh karena itu, mewakili pemancing sebagai gawang pelestarian lingkungan di lapangan, Deni berterima kasih kepada pihak PPN Brondong karena peduli terhadap kampanye pelestarian dan silaturahmi yang dilakukan Garnus melalui momentum event kopdarnas.

Hal senada juga disampaikan Kepala PPN Brondong, Dedi Sutisna saat dihubungi via telepon, Selasa (25/4). Menurutnya, kopdarnas merupakan momentum pengembangan kesadaran sosial di dalam diri pemancing di sekitar Lamongan.

“Secara pribadi, saya menyambut gembira atas terselenggaranya acara (kopdarnas) ini. Semoga kegiatan ini bisa dikembangkan lagi ke titik-titik lainnya di Jawa Timur,” ucap dia.

PPN Brondong memiliki program peduli lingkungan yang sudah dijalankan sejak 4-5 tahun belakangan ini. Program tersebut meliputi kegiatan bersih-bersih pantai di kawasan PPN dengan melibatkan seluruh elemen termasuk masyarakat umum.

“Bersih-bersih pantai dilakukan dua kali dalam satu tahun. Selain itu juga diadakan penanaman pohon di sekitar dermaga,” tutup Dedi.

Kopdarnas Garonger Nusantara diikuti oleh 140 orang pemancing dengan teknik garong dari berbagai wilayah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogja hingga Jakarta. Event ini merupakan kegiatan yang diadakan ketiga kalinya di wilayah Timur Pulau Jawa dengan target ikan Baronang. – RPS