Bangkitkan Wisata Mancing, Pemerintah Ajak Warga Bangun Embung

Jakarta, Sahabatmancing.com – Guna membangkitkan pariwisata di Indonesia khususnya wisata mancing, pemerintah menganjurkan setiap kepala desa di seluruh Indonesia yang mendapatkan bantuan dana desa membangun embung. Embung tersebut direncanakan akan dijadikan sebagai lokasi wisata mulai dari wisata mancing, bersepeda hingga memenuhi kebutuhan protein ikan.

Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo (kemeja putih) melakukan swafoto bersama para jurnalis usai meresmikan peluncuran Jurnalis Mancing Indonesia (JMI), Sabtu (21/10). SahabatMancing.com/Rico Prasetio

Demikian ungkapan dari Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo ketika hadir dalam peluncuran Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) di kolam pemancingan Adhiraja Deluna, Depok, Sabtu (21/10). Usulan dari presiden mengenai pembuatan embung diharapkannya bisa terlaksana secepat mungkin.

“Atas arahan dari Presiden Jokowi, kami (Kementerian DDTT) meminta setiap kepala desa yang menerima bantuan desa 200-500 juta rupiah untuk membuat embung,” jelas Eko. Ia menambahkan bahwa pemerintah akan memberikan bibit ikan di setiap embung.

Bak gayung bersambut, Eko mempersilahkan para rekan-rekan JMI untuk lebih aktif lagi membuat berbagai kegiatan mancing di embung nantinya. Sehingga sektor pariwisata desa bisa lebih berkembang lagi dari sebelumnya. Sebab jurnalis sebagai kelompok masyarakat berpengaruh tentu mampu membantu sosialisasi kepada masyarakat secara umum.

“Nantinya, embung tersebut akan dibuatkan kolam pemancingan, disekitarnya juga ada jalur sepeda gunung serta penginapan,” tambah dia. Pembangunan embung-embung air di desa diharapkan pula mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan protein alami ikan.

Dalam kesempatan yang sama, Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) melakukan peluncuran logo baru mereka di kolam pemancingan Adhiraja Deluna, Depok, Sabtu (21/10). Dalam peluncuran tersebut, ratusan wartawan dari berbagai media massa nasional hadir untuk mengikuti perlombaan mancing antar forum wartawan. – RPS