Antusias Membludak, Lomba Mancing Selat Sunda Tembus 450 Peserta

Pendaftaran Lomba Mancing Selat Sunda pada gelaran Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2017 yang akan diselenggarakan pada 19-20 Agustus 2017 sudah ditutup. Kuota peserta yang awalnya dibatasi 300 orang, langsung membludak sampai menembus angka 450 orang.

Ilustrasi kegiatan mancing di perairan Pulau Sangiang, Selat Sunda. Dok. IFT Fishing

Pasalnya lomba mancing yang akan diselenggarakan di sekita Pulau Sangiang ini, akan memperebutkan total hadiah Rp90 juta. Kondisi ini terlihat dari antusias peminat yang ingin mendaftarkan diri dalam gelaran akbar pariwisata Pemerintah Kabupaten Serang tersebut.

Bahkan menurut penuturan Akong Gondrong, selaku Project Director AKCF 2017, pihaknya sampai menutup batas pendaftaran lebih awal dari yang seharusnya ditutup pada 17 Agustus 2017. Pria yang akrab disapa Akong ini sebelumnya tak pernah membayangkan jika animo dari masyarakat dalam menyambut event tahunan Lomba Mancing Selat Sunda bisa sebesar ini.

“Malah masih ada yang menelfon saya langsung untuk mendaftar. Peminatnya sampai 100 orang lebih. Mereka yang masih ingin mendaftar kebanyakan datang dari Jakarta, Bogor dan Bandung,” terang Akong kepada SahabatMancing.com, Rabu (16/8).

Praktis dengan membludaknya jumlah peserta yang bertambah 150 orang, pihak panitia mesti menambah akomodasi seperti perahu dan penginapan untuk peserta tambahan. Namun dari segi kesiapan, Akong memastikan jika pihaknya sudah mempersiapkan keseluruhannya demi kelangsungan jalannya rangkaian acara AKCF 2017.

“Dari segi fasilitas lain seperti posko kesehatan juga sudah disiagakan. Kami sudah berkordinasi dengan dinas terkait untuk ikut bekerjasama menyukseskan acara tahunan bagi masyarakat Kabupaten Serang. Intinya kami siap menyambut baik itu peserta maupun wisatawan umum untuk memeriahkan acara AKCF 2017,” tambahnya.

Melihat animo masyarakat yang besar dalam acara yang mempromosikan destinasi wisata bahari di Kabupaten Serang ini, Akong berencana untuk menggelar acara serupa yang lebih besar dan meriah pada edisi tahun berikutnya.

“Tahun depan kami tambahkan lagi, targetnya sampai 750 atau 1000 peserta, jadi permintaan yang sekarang kalau bisa kami plot untuk event tahun depan. Lalu kami tambahkan juga kategori lombanya, karena tidak sedikit peserta yang membawa kapal sendiri, semacam kapal yacht atau pesiar kecil kelas premium begitu. Jadi nanti kalau banyak peserta yang bawa yacht kami lombakan dengan beda kelas saja,” katanya.

Selain Lomba Mancing Selat Sunda, ada beberapa lomba lain yang turut memeriahkan rangkaian acara Anyer Krakatau Culture Festival 2017. Diantaranya yaitu Lomba Anyer Colour Fun Run 8K, Lomba Gerak Silat Kaserangan, Lomba Desain Motif Batik, dan Lomba Foto Destinasi Pariwisata Kabupaten Serang.

Jika sesuai rencana, ajang tahunan yang akan dibuka langsung oleh Bupati Serang ini akan dihadiri oleh 1000 peserta dan dikunjungi oleh lebih dari 8000 wisatawan domestik maupun mancanegara.