1100 Pemancing Ikuti Grebek Syawal di Kebumen

Sebanyak sekitar 1100 pemancing dari berbagai wilayah di Pulau Jawa mengikuti perlombaan mancing pasiran Grebeg Syawal bertajuk ‘Gebyar Strike Disporawisata Kab. Kebumen’ di Pantai Ambal, Kebumen, Minggu (16/7). Lomba mancing yang digagas oleh Mancing Mania Grup (MMG) Kebumen tersebut digelar dengan tujuan menarik wisata kunjungan pantai di Kota Walet.

 

Para peserta mancing Gebyar Strike Disporawisata Kab. Kebumen, Grebeg Syawal MMG memadati sepanjang Pantai Ambal, Kebumen, Minggu (16/7). Foto/Masgie

Antusias peserta sudah terlihat dari awal pendaftaran, dimana 1100 peserta sudah terdaftar sebelum batas waktu ditutup. Para peserta tersebut merupakan pemancing dari Kebumen serta beberapa kota disekitarnya seperti Cilacap, Purworejo, Jogja, Banyumas, Wonosobo, dan Tegal.

“Bahkan peserta juga ada yang datang dari Jakarta dan Cilegon, Banten,” ujar Masgie, Ketua Umum MMG kepada SM melalui pesan singkat, Senin (17/7).

Masgie mengatakan, selain potensinya yang besar di pesisir selatan Jawa, dipilihnya Pantai Ambal sebagai lokasi mancing karena Ambal memiliki garis pantai nan panjang di Kebumen sehingga mampu menampung banyak peserta. “Panitia menyediakan lokasi mancing dengan radius 2 km,” tambah dia.

Dengan diselenggarakannya kegiatan mancing pasiran di Pantai Ambal ini, Masgie mewakili seluruh jajaran panitia berharap geliat wisata khususnya mancing bisa kian berkembang di pesisir selatan Jawa. Perkembangan tersebut terbukti dari kian banyaknya komunitas-komunitas mancing di sana, baik legal maupun skala kecil.

“Sehingga bila kian berkembang (wisata mancing-red), maka akan menumbuhkan geliat perekonomian untuk warga sekitar lokasi mancing,” tutup Masgie.

Perlombaan mancing pasiran di Pantai Ambal dimulai pukul 07:00-13:00 WIB. Panitia menyiapkan hadiah utama berupa 5 unit motor serta ratusan hadiah undian bagi peserta yang mengikuti perlombaan ini. – RPS