Indonesia Memancing

Indonesia Memancing (IM) ialah sebuah toko alat pancing yang baru berdiri sejak 23 Januari 2017 di daerah Komp. Sentra Bisnis Pluit Sakti Blok C16-17, Jakarta. Dulunya, IM hanya melayani pembelian online saja dengan nama IFT Fishing Store yang pada 17 Agustus 2015 berganti nama menjadi Indonesia Memancing. Sejak awal berdiri sudah melayani order dari seluruh Indonesia.

Showroom Indonesia Memancing yang terletak di Komp. Sentra Bisnis Pluit Sakti Blok C16-17 dilihat dari depan. SahabatMancing/Leo Permana

Toko ini mengkhususkan pada penjualan peralatan mancing serta aksesoris mancing lainnya. Saat memasuki toko, Anda akan langsung disambut oleh beberapa tim sales Indonesia Memancing yang akan memberikan saran-saran terbaik mengenai piranti yang akan Anda beli beserta cara-caranya. Hal tersebut dapat Anda lakukan di ruangan dalam yang memiliki meja panjang besar dan tiga kursi yang tentunya nyaman atau juga bisa di ruangan duduk yang berada di depan kasir.

Hangga Sunarto selaku Kepala Showroom offline IM mengatakan, toko ini memiliki 3 lantai namun untuk semua alat pancing hanya dipajang di lantai satu yang terdiri dari alat pancing freshwater dan saltwater merk-merk ternama seperti Maguro, Daiwa dan sebagainya. Selain itu bagi Anda yang ingin menggulung senar juga dapat dilakukan di dasar dengan dibantu oleh petugas toko.

Hangga menambahkan, Indonesia memancing juga menerima pelayanan servis alat pancing, yakni untuk rod, reel dan joran yang dilakukan di lantai tiga. Pemancing yang mulanya melakukan servis peralatan pancingnya di Dunia Pancing Latumenten, kini bisa mengunjungi IM karena semua kegiatan servis berpindah ke toko ini.

“Sebenarnya kan tempat di Pluit ini baru sekitar 4 bulan, jadi costumer yang belum tahu (pindahnya lokasi servis) bisa membuat tanda terima dari Latumenten untuk kemudian dikirim ke IM,” ungkap Angga.

Hangga menambahkan, barang yang masuk ke IM dari DPL untuk di servis bisa kapan saja. Waktu pengerjaan servisnya tergantung dari seberapa banyak part yang rusak, namun bila part-nya sudah ada biasanya dalam waktu 3 hari barang sudah bisa diambil.

“Tapi kalau part-nya tidak ready dan harus dipesan terlebih dahulu, ini bisa lama penyelesaiannya,” jelasnya.

Mengenai harga tidak ada tarif standardnya, semua tergantung dari kerusakan barang yang dimiliki pelanggan. Harga tetap sama baik untuk pelanggan yang melalui DPL ataupun yang datang langsung ke IM.

“Kalau untuk customer DPL kita samakan. Tapi kalau dari DPL gudang ada discount 50%,” paparnya.

Online Shop

Nia selaku pengelola bagian online mengatakan, Indonesia Memancing melayani pembeli yang mencakup wilayah seluruh Indonesia, pengunjung bisa membeli secara online ke website indonesiamemancing.com atau dapat menelepon langsung ke tim sales.

“Jadi untuk online-nya itu ada beberapa cara melakukan pembelian salah satunya misal melalui website. Kalau sebelumnya belum pernah daftar melalui website harus daftar dulu, log in dulu ke web atau kalau gak mau dari web bisa langsung telepon ke sales kami karena nomor kami semua tertera di website atau via BBM, WhatsApp. Jadi kami menyediakan beberapa alternatif pemesanan, bila via website ribet, (pengunjung) bisa kirimin barangnya apa aja kita langsung respon untuk pemesanannya,” jelasnya saat ditemui di lokasi.

Nia mengatakan, untuk produknya yang dijual di online beragam, ada dari kolam, laut, casting, tergantung minat dan yang Anda butuhkan terdapat di toko ini. Jadi, bila Anda tidak sempat mengunjungi toko Indonesia Memancing, Anda dapat melakukan pembelian melalui online shop-nya, karena keseluruhan produk yang ada di showroom juga dijual di online.

“Harganya menurut saya kisaran harga kompetitif dengan (online shop) yang lain, kita bisa bersaing bahkan kalau bisa dilihat di web Indonesia Memancing kita ada promo 15% all item. Untuk lebih jelas, customer bisa langsung menghubungi ke sales kami,” jelasnya.

Mengenai pengepakan barang, IM punya standard tersendiri dalam menjaga kualitas produknya yang akan dirim ke pelanggan. Untuk pengiriman barang, IM biasanya menggunakan jasa pengiriman JNE, Pos, Tiki, J&T atau jasa pengiriman lainnya tergantung permintaan dari pelanggan, namun dengan lokasi ekspedisi yang masih dapat dijangkau IM.

“Barang sebelum di packing,di cek lebih dulu oleh bagian cheking. Bagus tidaknya kondisi barang dan dapat berfungsi dengan baik atau tidak, jadi pas barang dikirim memang sudah sesuai. IM ingin selalu memberikan yang terbaik untuk pelanggannya baik itu pelayanan penjualan maupun pengiriman barang, dan jika ada masalah pengiriman barang, IM selalu membantu menyelesaikannya,” ungkap Nia.

Nia menambahkan, untuk jenis joran biasa di packing aman menggunakan tabung, bila perlu di lapisi burble wrap jika barang tersebut rawan patah. Setiap pengiriman barang terdapat asuransi, sehingga tidak ada yang dirugikan jika sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan baik dari IM maupun pelanggan.

Produk

Hangga mengatakan, produk yang ada di Indonesia Memancing sama dengan yang ada di Dunia Pancing, seperti produk dari brand Maguro, Shimano, Daiwa, Kaizen dan lain-lain. Untuk produk alat pancing yang diunggulkan di Indonesia Memancing antara lain Daiwa Saltiga-Z 6500 Expedition, Shimano Stella 18000, 20000, 14000, Maguro Tournament 8000PG atau 5000PG dan Maguro Deep-X.

“Barang dan kualitasnya sama cuman kalau drag-nya di Daiwa Saltiga Expedition itu bisa 16 kg atau sampai 20kg. Shimano Stella juga tergantung (ril) Stella berapa (tipenya) cuman kalau di drag-nya itu bisa mencapai 25kg. Kalau kualitas barang bahan dari Shimano Stella dan Daiwa Saltiga Expedition itu metal body,” ujar Hangga.

Akses Menuju Lokasi

Indonesia Memancing buka pada Senin-Jum’at pukul 08.00-16.30 dan Sabtu pukul 08.00-16.00. Untuk menuju lokasi, Anda yang menggunakan kendaraan pribadi bila dari arah Grogol dapat terus lurus di Jl. Jembatan Tiga hingga memasuki Jl. Pluit Putra, kemudian lurus dan belok kiri ke Jl. Pluit Sakti, dari sana Anda tinggal lurus dan akan menjumpai plank Indonesia Memancing. Selain itu, bila anda yang menggunakan kendaraan umum dapat menaiki angkot B01 Grogol-Muara Angke, lalu Anda dapat turun di depan Jakarta Fruit Market, dari sana Anda bisa melanjutkan dengan berjalan kaki atau menggunakan ojek.

Alamat

Indonesia Memancing
Komp. Sentra Bisnis Pluit Sakti Blok C16-17
Jl. Pluit Sakti Raya No. 28
Pluit, Penjaringan
Jakarta Utara 14450
DKI Jakarta
Telepon/sms : 085103762246, 081288033313, 085711285561
Untuk memperbarui info baik dari produk ataupun info menariknya dari Indonesia Memancing, Anda juga dapat mengunjungi FP Indonesia Memancing. – LP