Mancing Dikala Hujan, Apakah Hasilnya Akan Bagus?


Ketika hujan turun, suhu juga akan turun, bersamaan dengan itu kadar oksigen air meningkat. Kandungan oksigen yang tinggi di dalam air membuat ikan lebih bertenaga untuk berenang. Jika mangsa tertangkap mata, tanpa berpikir lagi langsung diterkamnya. Bila anda pernah mendaki gunung hingga ke puncak, coba perhatikan, pernapasan akan lebih sulit dan fisik menjadi cepat lelah, itu karena kadar oksigen yang rendah pada tempat- tempat yang tinggi.

Sesaat hujan turun, feeding frenzy menggila. Pada saat- saat ini, ikan sulit melihat apa yang berada diatas permukaan disebabkan percikan air dan ketiadaan sinar matahari yang tertutup awan mendung. Yang terlihat dari dalam air hanya umpan kita. Cacing-cacing keluar dari tanah, serangga seperti belalang, kumbang dan semut disapu oleh air, secara alamiah ikan akan bereaksi sebagai rantai makanan. Namun bukan itu saja yang dibawa oleh air, reaksi ikan akan berbeda bila kualitas tanahnya buruk di sekitar ekosistem air, seperti di sungaisungai dan danau-danau kota yang tercemar.

Bila datang petir dan guntur, akhiri mancing, selesai sudah. Kilatan cahaya dan suara gemuruh, membuat ikan takut. Joran dan ril di tangan kita bisa menjadi konduktor listrik, begitu juga dengan benang pancing yang basah. Selama tidak ada petir dan halilintar, seharusnya memancing tetap lumayan hasilnya.- Tim SM