Livebait atau Lure Untuk Trolling ?

Livebait atau Lure Untuk Trolling ?

Bagikan:

Penggunaan live bait (umpan hidup) pada saat melakukan trolling akan lebih mengundang selera makan ikan. Sebab selain gerakan dan warna ikannya yang alami, aroma dari umpan hidup tersebut dengan lebih mudah menarik perhatian ikan-ikan pemangsa (predator). Hanya saja, penggunaan umpan live bait pada saat trolling jauh lebih rumit persiapannya. Pemancing harus menguasai teknik menjahit ikan menggunakan rangkaian (senar dan kail). Sementara ikan yang dijadikan umpan biasanya tongkol atau Barakuda berukuran kecil yang dijahit pada bagian mulutnya. untuk itu penggunaan lure trolling lebih banyak dipilih karena lebih praktis serta memiliki banyak pilihan terhadap ikan yang akan menjadi target. dengan mempertimbangkan selera serta kebutuhan para pemancing, lure jenis konahead biasanya lebih familiar dan sering digunakan untuk trolling.

Biasanya target ikan yang menyambar umpan trolling yaitu Giant trevally (GT), Tenggiri dan Layaran. Sesekali di daerah karang juga bisa mendapatkan ikan Kerapu. apakah berat/besarnya umpan juga menentukan target ikan yang didapat? yap, bisa juga seperti itu. umpan besar pasti target besar. Sementara untuk jarak lepas umpan yang ideal tidak bisa ditentukan, hanya saja saya biasa menggunakan teori jika kapal berlayar dengan kecepatan 5-7 knot maka umpan akan saya ulur hingga sampai di ujung buih air dari baling- baling.- Muhamad Taufik 

Bagikan:

Muhammad Taufik

Pemancing asal Sulawesi Tengah ini kerap mancing di spot-spot air dalam di perairan Palu dan sekitarnya untuk memancing dengan target ikan-ikan predator seperti Tuna Gigi Anjing (Dogtooth Tuna) hingga Billfish.

Chat