Essen Seperti Apa Yang Disukai Ikan Mas?

Sumaryono (Kang Ito)

Essen adalah biang aroma atau ekstrak dari sebuah perasa dan jenisnya ada ratusan macam yang dibedakan berdasarkan bahan (water based, oil bassed dan astiri). Penggunaan essen biasanya tergantung dari suhu air di kolam, makin tinggi suhu air di kolam makin cepat essen kita menyebar. Untuk itu, dari pengalaman pribadi, essen dengan aroma (wangi atau amis) kuat adalah pilihan tepat sebagai ‘senjata’ saat mancing dalam kondisi hujan.

Tidak ada takaran pasti dalam hal penggunaan assen, sebab tiap pemancing mempunyai perbedaan selera. Untuk keperluan lomba mancing galatama penggunaan essen merupakan hal mutlak, karena umpan yang dipakai hanya pelet. Jadi faktor essen sangat berpengaruh dengan hasil yang akan diperoleh, namun tidak ada hubungannya penggunaan essen dengan kemungkinan mendapat ikan induk terberat.

Bisa atau tidaknya pemancing mendapatkan ikan terberat hanyalah faktor keberuntungan saja. Sebab prinsipnya essen hanya untuk mengundang ikan berkumpul mendekati umpan kemudian menyantapnya. Tidak bisa ditentukan aroma jenis apa yang paling disukai ikan Mas. Pada umumnya, aroma buah-buahan yang lembut lebih cepat menarik perhatian, karena ikan Mas cenderung tidak suka aroma terlalu mencolok. Bagi pemancing pelampungan, essen bukanlah hal wajib. Karena umpan yang dibeli di toko biasanya sudah mengandung aroma essen.- Sumaryono (Kang Ito)