Di habitat Seperti Apa Escolar Berada?

Robby Ibrahim

Ikan Escolar atau (Lepidocybium Flavobrunneumi) merupakan spesies ikan yang hidup di kedalaman 150-250 meter, bahkan lebih. Mereka hidup di tubir atau tepi tebing karang di bawah laut. Makanan mereka adalah Baracotta (di Makassar disebut ikan Layur). Dimana ada Layur, pasti terdapat Escolar di dasarnya. Escolar merupakan ikan yang peka terhadap cahaya, untuk itu mereka hidup di laut-laut dalam dengan kontur karang, bukan di dasar laut yang berpasir atau berlumpur. Ikan ini juga ditemukan di kontur perairan gunung di bawah laut (Sea Mount Reef).

Di Indonesia, Escolar kerap ditemui di derah laut Selat Makassar, Gorontalo, Palu, Teluk Bone, Alor, Laut Flores hingga wilayah Indonesia bagian timur. Wilayah yang memiliki potensi besar terhadap spesies ini salah satunya terdapat di perairan Selayar, Sulawesi Selatan. Spot di Selayar memiliki kontur laut seperti yang disebutkan tadi, sehingga menjadi sarang ikan prestisius itu. Kondisi tersebut membuat hampir seluruh perairan di Selayar dihuni Escolar.

Untuk mancing Escolar, teknik yang cocok digunakan yaitu bottom fishing (dasaran) dan jigging. Teknik dasaran dilakukan menggunakan Lingara (alat pancing yang terbuat dari kawat stainless berbentuk bulan sabit). Sementara jigging biasa menggunakan umpan metal jig ukuran 250 gram ke atas. Akan lebih baik lagi jika menggunakan metaljig model cumi dengan pilihan warna merah muda, hijau dan warna biru. Karena berada di kedalaman air laut hingga ratusan meter, maka kondisi bulan tidak memiliki pengaruh besar untuk dijadikan patokan memancing Escolar. Hanya untuk waktu yang tepat ada pada bulan mati (gelap).- Robby Ibrahim