Bagaimana Memperbaiki Reel Yang Mengalami Korosi?

Bagaimana Memperbaiki Reel Yang Mengalami Korosi?

Bagikan:

Bila terlanjur korosi, langkah pertama cuci lalu disikat pada bagian karat menggunakan sabun. Untuk memperbaiki bagian yang korosi gunakan rust remover (penghenti karat) dengan beberapa merk di pasaran dan bisa didapatkan di toko bahan bangunan. Sesudahnya diamplas sampai permukaannya rata lalu diberi lem epoxy atau didempul duco dan diberi cat clear. Tujuan pemberian rust remover adalah untuk mencegah korosi agar tidak meluas ke bagian yang lain. Sementara epoxy atau duco supaya bisa memperhalus permukaan. Yang membuat korosi yaitu proses oksidasi yang dipercepat endapan air terlebih garam laut. Biasa paling sering terjadi di bagian dasar spool karena pemakaian benang PE saat mancing di laut. PE menyerap air laut, setelah kering maka akan meninggalkan endapan garam. Garam ini lah yang menimbulkan karat. Bahan spool dari alumunium walau sudah diberi coating pelindung anti karat sekalipun kalau terekspos lama dengan air garam maka tetap akan timbul reaksi kimia yang menyebabkan korosi. Sebaiknya sebelum menggulung benang, spool diberi lapisan grease yang membantu supaya endapan garam tidak langsung kontak dengan permukaan spool. Pemberian baby oil atau silicone spray pada benang PE juga dimaksudkan untuk mengurangi air laut terserap benang.

Penanganan korosi biasanya dilakukan sendiri oleh para pemancing, karena belum pernah ada orang yang ahli memperbaiki korosi. Biasanya kalau spool mereka korosi langsung membeli dengan yang baru karena riskan terjadi putus benang. Walau punya reel high end yang diklaim water proof tidak akan menjamin anti korosi. Intinya semua tackle asal dibersihkan dengan benar sehabis trip pasti bisa mencegah korosi- Jerry Bonito

Bagikan:

Jerry Bonito

Seorang wiraswasta di bidang perlengkapan pakaian yang mengawali kegiatan memancing sejak usia 8 tahun. Pada tahun 1991 mulai serius memancing khususnya di laut.

Chat