Bagaimana Memilih Spoon Untuk Target Tenggiri?

Andreas (Kaje Squad)

Faktor penggunaan spoon ketika mancing Tenggiri menggunakan teknik casting yaitu karena murah meriah. Dengan semakin banyaknya produk handmade dengan harga ekonomis kita sudah bisa mendapatkan spoon. Yang kedua karena yaitu cara retrievenya yang cenderung mudah, hanya ditarik seperti biasa sesuai selera dan kemampuan. Bahkan pemancing pemula pun tanpa skill terlatih bisa memainkan spoon hingga mendapatkan sambaran ikan.

 

Untuk pemasangan rangkaian semua tergantung selera dari pemancing, biasanya spoon disambungkan ke senar menggunakan neklin. Namun sebenarnya penggunaan neklin akan mempengaruhi action daripada spoon tersebut dan membuat pergerakannya kurang maksimal. Sebaiknya gunakan rangkaian langsung, sambung dari Pe, leader dan spoon. Pengaruh selanjutnya ada pada leader, semakin kecil ukuran leader semakin besar pula kemungkinan strike. Ikan tenggiri itu termasuk ikan atas, artinya ketika strike tidak melarikan diri ke karang. Selama Pe tegang dan tidak kendur, pasti ikan bisa naik. Yang membuat putus itu biasanya kita lengah saat ikan mulai mendekati kapal. Penggunaan treble disesuaikan, jangan terlalu besar atau kecil.

Untuk spoon ukuran 28 gram menggunakan treble nomor 1. misalkan treble besar membuat mocel karena disambar ikan tenggiri besar, sebaiknya ganti dengan treble ukuran 2. Spoon yang digunakan mancing di Pacitan, Jawa Timur misalnya bisa mencapai ukuran 40-50 gram. Bahkan yang 28 gram ditempel menjadi dua tergantung selera pemancing. Semakin besar ukuran spoon tidak juga targetnya akan besar. Biasanya semakin lebar spoon akan membuat cahaya yang dipentulkan jadi lebih mengkilap. Spoon biasa digunakan pada cuaca cerah (terik) dengan kondisi air sedikit keruh. Sebab tenggiri merupakan salah satu ikan sensitif, jika terlalu terang dia tidak mau makan. Tapi kalau air bening, lebih cocok pakai lure minnow dengan warna alami. Kalau pemancing mau cari gampang, pakai spoon. Karena cara aman untuk bisa mendapatkan sambaran tenggiri yaitu menggunakan spoon. Kalau arus kencang ukuran spoon harus besar.

Ikan dengan bobot yang lebih besar biasanya lebih senang menyendiri, berbeda dengan ikan tenggiri muda yang berenang secara bergerombol untuk menghindari serangan predator. Ikan dengan bobot kecil antara 2-3 kilo ini lah yang kerap memutuskan senar pancing, karena rata-rata pemancing ketika mendapatkan sambaran, ia menghentakkan joran ke atas. Gulung seperti biasa, jangan diarahkan ke atas, karena senar pasti akan kendur dan membuat mocel. Posisi tahan sambil gulung senar. Jadi drag pada ril jangan dipasang terlalu kencang (mati), agar kita bisa memainkan ritme perlawanan ikan dan mengantisipasi senar yang kendur. Posisi PE harus selalu tegang. Sebelum hook-up sempurna jangan menggentak joran, kalau ikan kabur baru hentak sambil gulung.- Andreas (Kaje Squad)