Bagaimana Membersihkan Ril yang Terkena Air Laut Setelah Memancing ?

Bagaimana Membersihkan Ril yang Terkena Air Laut Setelah Memancing ?

Bagikan:

Asalkan tidak terendam air laut, cukup dibersihkan dengan air dan sabun. Untuk reel spinning, kencangkan drag dan handle, siram menggunakan air yang mengalir dari bagian atas spool. Jangan menyiram dari posisi belakang karena dikhawatirkan akan masuk ke sistem gear. Gunakan sikat gigi yang diolesi sabun atau shampoo lalu sikat semua bagian ril. Sikat lebih detail pada bagian-bagian line roller, bail arm dan handle, lalu bilas dan lap. Biarkan terkena angin sampai kering.

Cek drag system, apabila masih ada air, keringkan. Bila diperlukan, tambahkan grease. Olesi minyak pada ball bearing, handle knob dan side plate bearing. Bisa juga ril disemprot menggunakan silicone spray pada bagian bodi untuk mencegah karat. Silicone spray jangan digunakan untuk membersihkan ball bearing dan gear, atau handle knob yang terbuat dari bahan karet. Untuk benang PE pada spool berikan baby oil secukupnya guna mencegah oksidasi. Jangan merendam ril, meski ril hi-end sekalipun yang memiliki seal yang kedap air. Kemungkinan ada kebocoran seal yang bisa masuk ke dalam gear dan ball bearing. Efeknya, pelumasan menjadi tidak sempurna dan dalam jangka panjang akan merusak ball bearing. Bila memang harus direndam, ball bearing dan drag pada spool harus dilepas terlebih dahulu. Disarankan membersihkannya menggunakan alat ultrasonic cleaner. Alat ini lebih ampuh membersihkan sisa garam yang terserap benang PE maupun bagian spool yang tertutup benang PE. Biasakan menyimpan ril pada posisi drag kendur untuk mencegah drag tersendat.- Jerry Bonito

Bagikan:

Jerry Bonito

Seorang wiraswasta di bidang perlengkapan pakaian yang mengawali kegiatan memancing sejak usia 8 tahun. Pada tahun 1991 mulai serius memancing khususnya di laut.

Chat