Bagaimana Memancing Menggunakan Ril Baitcasting di Laut?

Dr. Randhika

Pada dasarnya, semua jenis ril, baik bait casting (BC) ataupun spinning bisa digunakan untuk mancing di berbagai lokasi, terutama laut. Untuk BC, beberapa produsen sudah menspesifikasikan penggunaan ril ini untuk digunakan di laut. Biasanya produk tersebut tercantum kode SW (saltwater) atau bearing minim korosi. Akan tetapi sebaik apapun kualitas ril saat digunakan bahkan sudah SW resistance pun harus kembali dilakukan perawatan berkala agar terhindar dari korosi.

Mengingat medan spot di laut yang luas dengan ikan target tidak dapat diprediksi baik di darat maupun di atas kapal, persiapan ril BC dengan kapasitas/ukuran tepat sesuai penggunaan harus menjadi perhatian. Ukuran yang biasa digunakan yaitu 150-400 dimana ukuran ini masih mudah dan nyaman untuk digenggam. Untuk benang gunakanlah jenis PE ukuran ideal PE 2 dengan kapasitas 200 meter untuk meladeni perlawanan ikan. Gunakan PE dengan karakter X4. Karena selain lebih kuat, PE X4 lebih low memory.

Pastikan bagian metal terlumasi dengan baik dan tidak dalam kondisi kering sebelum memancing menggunakan Ril BC. Sebab ril ini sangat presisi dan memiliki banyak celah dimana air laut lebih mudah menembus bagian dalam ril. Oleh karena itu bagian vital seperti main gear, pinion gear, dan bearing lumasi dengan baik.

Lure yang digunakan juga sebaiknya berbentuk slim dan aerodinamis. Mengingat angin laut cenderung lebih kencang sehingga bisa meminimalisir birdnest (kusut) pada PE. Lure yang lebih mudah dilempar biasanya berbentuk pensil atau micro jig dengan berat 10-20 gram. Apabila menggunakan minnow, pilihlah minnow degan bentuk lebih ramping.

Masukkan ke dalam sarung/pouch saat ril tidak digunakan atau saat sedang beristirahat di sela kegiatan mancing. Angin laut juga mengandung garam yang bisa saja menempel bahkan masuk ke dalam bagian ril. Sarung BC ini juga dapat berfungsi untuk menyerap percikan air laut yang menempel di badan BC.

Perawatan ril BC setelah digunakan di Laut hampir sama seperti perawatan ril spinning. Kencangkan drag lalu siram dengan air tawar dalam posisi BC terbalik kemudian dilap sampai kering. Setelah kering, kedorkan drag lalu dianginanginkan, jika sempat beri pelumas khusus ril BC. Jangan sekali-sekali merendam ril dalam air dengan tujuan mencuci. Disarankan tidak menggunakan minyak semprot seperti chain lube, karena minyak tersebut sedikit demi sedikit dapat mengikis lapisan metal pada ril BC karena dikhawatirkan akan membuat ril tidak presisi.- Dr. Randhika