Bagaimana Karakterisktik Spot ikan Arwana?

Adrian Armanto

Habitat arwana biasanya dapat ditemui di perairan danau dan sungai dengan karakteristik vegetasi yang lebat, terutama untuk spot danau. Arwana di danau kerap berenang di tepian rumput sepanjang tepi danau. Rerumputan yang terapung juga disukai olah arwana, dimana di lokasi itu dihuni serangga sebagai mangsa ikan ini. Arwana mempunyai kemampuan untuk melompat setinggi 2 meter dari permukaan air untuk memakan serangga ataupun hewan lainya yang ada di atas tangkai pohon yang terdapat di atas danau. Arwana memangsa ikan apapun yang muat untuk di telan, dan uniknya juga kerap memangsa hewan yang berada di atas permukaan air seperti katak yang berenang, belalang yang terjatuh ke air, dsb.

Sementara untuk karakteristik spot arwana yang berada di sungai biasanya ditandai dengan pepohonan yang runtuh di tepi sungai, dan juga sungai yang bersih dengan air berwarna merah terang seperti warna teh, hitam pekat seperti warna kopi, dan juga air yang bening kehijauan, tergantung di daerah mana sungai tersebut berada.

Arwana adalah ikan yang unik. Ikan ini memiliki jam makan yang terhitung pendek. Mereka biasa berburu mangsa pada saat pagi sekali ketika matahari baru akan terbit (sekitar pukul 05.00-08.00). Teriknya sinar matahari jadi alasan tersebut, dimana kondisi itu akan mempengaruhi daya penglihatan Arwana terhadap mangsa di permukaan air. Sinar matahari juga akan membuat permukaan air menjadi lebih panas dan akan membuat arwana lebih lelah untuk berburu. Siang hari adalah waktu dimana Arwana berlindung di tempat-tempat teduh atau berenang lebih dalam ke permukaan.

Sore hari juga sangat baik untuk memancing arwana. Karena serangga dan katak mulai berkeliaran pada saat sore hari menjelang malam. Pada pukul 16.00-18.00 adalah waktu terbaik di sore hari untuk menargetkan mancing Arwana. Melemparkan lure ke arah tepian rerumputan dan memainkan topwater lure adalah cara terbaik untuk bisa memaksimalkan kesempatan mendapat ikan ini.- Adrian Armanto