Apa Yang Dimaksud GID Pada Metal Jig?

Apa Yang Dimaksud GID Pada Metal Jig?

Bagikan:

Metal jig dengan motif GID (Glow In the Dark) digunakan pada saat mancing di malam hari dengan tujuan menarik perhatian ikan, khususnya untuk lokasi mancing laut dalam. Target ikan dipengaruhi oleh besar kecil metal jig yang dipakai serta action-nya ketika dimainkan. Semua corak atau motif GID pada metal jig (baik full GID atau motif zebra/garis-garis) bagus digunakan. Ada kalanya salah satu jenis ikan target suka dengan full GID namun pada satu momen ikan jenis tersebut lebih suka dengan motif garis-garis, kemungkinan dipengaruhi oleh faktor suhu, arus dan kadar kepekatan air laut. Belakangan ini para pemancing banyak menggunakan motif garis-garis. Dengan metal jig motif zebra/garis-garis action dan warna fosfornya lebih menarik perhatian ikan predator sehingga lebih sering strike. Sementara pada kondisi air keruh, pemilihan metal jig full GID dirasa lebih tepat karena mampu memancarkan cahaya lebih terang sehingga lebih nampak.

Tapi hal aneh justru ikan lebih sering gigit (menyambar metal jig) ketika cahaya GID pada metal jig mulai redup. Mungkin insting alami ikan yang merasa ketakutan oleh hadirnya ‘makhluk bercahaya’ pada saat kondisi gelap di kedalaman air. Secara tidak langsung ikan lebih cenderung melihat cahaya pada malam hari namun ada juga jenis ikan yang buruk penglihatannya. tapi ikan tetap memiliki indera kepekaan yang ada pada gurat sisi yang ada pada bagian tubuh ikan, memanjang dari kepala sampai pangkal ekor. Hingga saat ini saya masih tetap mengandalkan motif GID zebra/garisgaris untuk malam dan metal jig warna pink saat mancing pada siang hari. Untuk efisiensi agar tidak terlalu banyak membawa metal jig atau kehabisan karena putus, kita bisa membawa stiker GID yang bisa dipasangkan sesuai selera di semua jenis metal jig.- Eko Jauhari

Bagikan:

Eko Jauhari

Seorang pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintahan Kab. Tanggamus ini menggemari mancing di spot-spot laut dalam dengan target ikan predator seperti Dogtooth Tuna, GT dan lain-lain.

Chat