Apa Kiat- Kiat Mancing di Perairan Hutan

Mancing di Perairan Hutan Bakau

 

Adam Budiman
Adam Budiman

Ranting pohon mati yang terendam di perairan bakau menjadi sarang dari ikan-ikan bakau keluarga Kakap, seperti Kakap Bakau, Kakap Hitam, Kakap Putih hingga ikan Sumpit, Kerapu, Barakuda, Cendro, bahkan Giant Trevally di tepian luar perairan bakau. Selain itu, pertemuan air masuk dari sumber air lain juga jadi lokasi yang kerap didiami ikan-ikan air payau. Lokasi ranting yang menjuntai dan terendam tersebut tentu beresiko membuat lure tersangkut ketika melakukan cast.

Untuk itu, diperlukan kewaspadaan serta keakuratan dari pemancing dalam melempar umpan. Ada beberapa teknik lemparan yang digunakan, yaitu side cast, under cast dan skipping. Dimana teknik skipping lebih tepat untuk menjangkau spot yang dipenuhi ranting-ranting. Sistem penyetelan putaran (brake) spool tentu jadi hal penting agar tidak terjadi kekusutan senar (backlash) ketika melakukan cast. Bagi pemula, setelan brake direkomendasikan pada angka 4-5 agar meminimalisir terjadinya backlash. Selain itu panjang rod diusahakan menggunakan ukuran panjang maksimal 180 cm untuk memudahkan lemparan. Sementara drag disetel diangka 4 kg untuk estimasi ikan 1-2 kg.

Sementara untuk lure, pada umumnya, semua jenis lure memiliki peluang strike yang sama. Banyak faktor yang mempengaruhi penggunaannya, misalnya pada saat air keruh kita bisa menggunakan minnow floating 9-12 cm/10-18 gr. Sementara untuk kondisi air tenang bisa menggunakan lure tipe top water guna merasakan sensasi sambaran. Bukan hanya karena lapar, pergerakan lure bisa membuat ikan predator merasa terganggu. Umpan berisi rattling (semacam pelor di dalam tubuh) jadi alternatif karena mampu menghasilkan suara kencang di air. Sementara kecepatan menarik umpan (retrieve) tergantung karakter lure-nya, apakah fast singking, slow singking,  fast floating atau slow floating. Seperti halnya crank, lure ini aplikasinya harus slow retrieve. Sebab kalau terlalu cepat action-nya jadi rusak. Sebenarnya variasi retrieve tergantung pemancing itu sendiri dengan didukung spesifikasi lure. Pemilihan lure bergantung dari selera masing-masing pemancing. Intinya harus sering mencoba ganti umpan agar peluang strike lebih besar. Adam Budiman