JulIyanti (Icha Yuli) : Jelajah Spot Borneo

Paras ayu wanita asal Mempawah, Kalimantan Barat ini sekejap menarik perhatian para penghobi mancing. Senyum rupawan serta kulit cantik khas perempuan Borneo menjadi ciri wanita pemilik zodiak cancer tersebut. Sejak belia, Juliyanti atau yang akrab disapa Icha Yuli sudah aktif mancing hingga keterampilannya terus terasah. Tinggal di tanah sejuta spot mancing dengan potensi ikan freshwater terbaik memudahkan Icha untuk mengeksplorasi mendalami hobi lamanya. Akhir pekan menjadi waktu yang selalu dimanfaatkan Icha untuk terjun mancing bersama rekan-rekan komunitasnya di Kalimantan Barat. Bagaimana keseruan Icha yang berhasil strike ‘Snakehead emperor’ sendirian hingga membuat dirinya shock? Simak wawancara kami dengan Icha berikut ini:

Berbagai jenis ikan air tawar di Kalimantan kerap berhasil didapatkan oleh Icha Yuli salah satunya Toman.
PROFIL
Nama: Juliyanti (Icha Yuli)
Profesi: Karyawan
Asal: Mempawah, Kalimantan Barat

Apa yang mendasari Anda untuk terjun menggeluti kegiatan mancing? Dan sejak kapan?
Kegiatan memancing sudah saya geluti ketika saya masih berumur 7 atau 8 tahun. Ketertarikan terhadap dunia memancing bermula dari ajakan Ayah saya yang juga memiliki hobi yang sama. Sejak saya kecil beliau mengajarkan segala macam teknik mancing hingga saya menggemari dunia casting. Seiring berjalannya waktu saya menjadi lebih fokus untuk mendalami hobi ini. Sebagai hobi yang menyenangkan, memancing dapat menghilangkan kebosanan serta stres. Karena dengan memancing, segala sesuatu akan lebih terasa relaks dan fun. Selain pengaruh dari Ayah, orang yang membuat saya kian menyenangi hobi mancing yaitu pasangan saya (kekasih). Kebetulan beliau juga hobi memancing dan sering mengajak serta saya bergabung dengan rekan-rekan lain.

Kegiatan mancing mayoritas digeluti oleh pria, bagaimana perasaan anda soal ini mengingat Anda adalah wanita?
Bagi saya itu tidak masalah, karena selagi kita masih bisa melakukannya dan kita yakin akan itu, kenapa tidak? Zaman sekarang (Perkembangannya) hobi tetaplah hobi, sebagai seorang wanita tidak ada batas atau larangan apapun untuk mengeluti suatu kegiatan meski kegiatan itu banyak digemari oleh kaum pria, asalkan masih dalam batas wajar dan positif.

Bagaimana anda membagi waktu antara mancing dengan keluarga?
Waktu dimana ketika saya pulang bekerja adalah saat untuk berkumpul dengan keluarga di rumah. Mereka sangatlah penting, karena itu saya hanya bisa memanfaatkan akhir pekan untuk mengisi kegiatan memancing. Bila memang tidak ada kesempatan untuk memancing karena suatu hal, saya akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga.

Bagaimana komentar anda mengenai semakin berkembangnya dunia pemancingan di Indonesia terutama castinger?
Berkembangnya dunia pemancingan di Indonesia terlebih perkembangan castinger pastinya akan banyak mendatangkan manfaat. Kita para pemancing jadi bisa menjalin tali silaturahmi dengan para castinger dari lain daerah, saling bertukar pikiran, berbagi pengetahuan hingga menciptakan suatu karya yang dapat disalurkan melalui segala macam kegiatan memancing. Perkenalan dengan banyak pemancing tentu akan memperluas wawasan. Kita juga bisa mempromosikan karya-karya antar castinger dengan promosi melalui sosial media. Sebab sosial media seperti Facebook sangat punya peran yang penting bagi para pemancing.

Apa komentar anda tentang lahirnya komunitas Ladies Angler?
Lahirnya komunitas Ladies Angler merupakan kabar gembira karena mampu menjadi wadah berkumpul dan berkegiatan positif bagi para pemancing perempuan di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa eksistensi para ladies angler itu ada sehingga timbul persepsi jika mancing itu bukan hanya untuk laki-laki, tapi perempuan juga bisa. Mayoritas pemancing, termasuk para ladies angler menganggap jika mancing itu bukan hanya sekedar hobi tapi juga sudah menjadi gaya hidup.

Mancing memang membutuhkan tingkat kesabaran tinggi. Apa efek yang anda rasakan dari kegiatan mancing terhadap kehidupan Anda sehari-hari?
Olahraga memancing telah mengajarkan saya banyak hal salah satunya belajar untuk bisa lebih bersabar dalam segala hal di kehidupan sehari-hari. Untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan dalam hidup ini tidaklah mudah, kita membutuhkan kesabaran dan usaha yang tinggi agar keinginan kita bisa tercapai, begitu pula saat sedang memancing.

Selain menyiapkan peralatan mancing, sebagai perempuan persiapan apa saja yang biasa anda bawa sebelum melakukan kegiatan mancing terutama untuk meminimalisir hitamnya kulit karena sinar matahari langsung?
Agar meminimalisir kulit dan wajah supaya tidak hitam, saya selalu menggunakan baju dan celana panjang sampai semua tubuh tertutup rapat, serta tidak lupa menggunakan aksesoris lain seperti sarung tangan, masker buff dan kacamata. Saya tipe orang yang simple dan tidak mau repot. Mancing atau tidak mancing setiap hari pelembab adalah hal lumrah yang selalu saya gunakan untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Apakah anda tergabung dalam komunitas mancing? Apa keuntungan yang anda rasakan setelah bergabung?
Sudah sejak lama saya mengikuti segala kegiatan dari komunitas mancing bernama Komunitas Dunia Air (Konda), namun baru 4 Maret 2015 lalu saya baru resmi menjadi anggota hingga kini diberi kepercayaan sebagai bendahara. Ada banyak manfaat setelah bergabung dengan komunitas ini. Selain mendapatkan banyak teman dari beragam profesi dan latar belakang, di komunitas itu saya juga bisa menyambung tali silaturahim antar pemancing, serta bertukar pikiran tentang dunia mancing, saling melengkapi satu sama lain, berbagi ilmu bermanfaat. Hingga tercipta banyak inspirasi dan berkarya untuk saling melengkapi kekurangan dan memperbaiki yang setiap kekurangan.

Rekan-rekan pemancing yang mayoritas pria tidak menyurutkan semangat mancingnya dan membuat Icha Yuli canggung.
Rekan-rekan pemancing yang mayoritas pria tidak menyurutkan semangat mancingnya dan membuat Icha Yuli canggung.

Lebih memilih mancing di freshwater atau laut? Mengapa?
Untuk saat ini saya lebih tertarik mancing di saltwater karena potensi ikannya lebih menjanjikan (dibanding freshwater). Saya pelan-pelan mencoba untuk terjun mancing di saltwater walau hanya mancing di pinggiran pulau atau pantai (landbase). Daerah Rasau (kawasan kabupaten Kubu Raya ) dan  daerah Tayan menjadi spot yang sering saya jumpai karena selain berpotensi, jarak dari rumah ke lokasi tersebut sekitar 2 jam dari rumah menggunakan sepeda motor. Namun yang disayangkan adalah potensi ikan di kawasan Kubu Raya saat ini sudah menurun dibandingkan beberapa tahun lalu. Banyaknya penyentrum hingga penebar racun menjadi faktor terbesar kian minimnya ikan di sana. Lokasi lain yang saya datangi yaitu bernama Tayan. Daerah ini memiliki anak sungai dengan kondsi air berwarna hitam kemerahan.

Belakangan ini Icha mulai tertarik untuk mancing di spot-spot air asin (saltwater) di sekitar Kalimantan.
Belakangan ini Icha mulai tertarik untuk mancing di spot-spot air asin (saltwater) di sekitar Kalimantan.

Adakah anda pernah mengalami momen yang tak terlupakan selama mancing?
Momen yang tak pernah saya lupakan adalah disaat saya strike ikan Peyang atau Snakehead emperor dengan bobot 4.6 Kg dan menjadi rekor perolehan terbesar bagi saya hingga kini. Saat itu saya sedang asyik castingan dan tiba-tiba umpan saya disambar. Seketika itu pula saya panik dan saat saya berteriak meminta pertolongan, teman-teman yang lain justru sengaja membiarkan saya terus mengalami kesulitan. Saya mengira itu adalah Toman biasa, tapi ternyata Peyang. Akhirnya setelah berjuang sendirian ikan tersebut sukses saya dapatkan dan langsung lompat kegirangan. Sebelumnya saya tidak menyangka bisa mendapatkan Snakehead emperor. Salah satu teman langsung mengabadikan momen tersebut. Saya bilang “Nanti dulu.” Dengan keadaan shock saya langsung terduduk lesu. “Tarikannya, wow.”

Adakah tackle kesayangan yang selalu anda bawa saat mancing?
Untuk saat ini saya hanya memiliki satu set alat pancing, joran merk Discovery bg serta ril baitcasting dari Hasamu. Sementara untuk umpan buatan (lure) ada beberapa jenis yang selalu saya gunakan saat castingan diantaranya minnow Kaido Shad untuk saltwater.

Adakah hobi lain selain memancing?
Selain memancing hobi saya adalah berpetualang dan berfoto. Ya, pada dasarnya saya tipe orang yang menyukai kegiatan travelling untuk mengisi waktu liburan.

Pertanyaan terakhir, apa pengertian mancing menurut Anda?
Mancing adalah kegiatan menangkap ikan oleh seseorang dengan melempar umpan (asli/buatan) menggunakan alat pancing (joran) ke suatu tempat (spot) yang dianggap terdapat ikan, seperti danau, sungai, laut dll dengan berbagai macam teknik mancing dan bisa dijadikan suatu hobi atau perkerjaan sehari-hari. – RPS