Jade Mus Diamond: Aktif Memancing Di Negeri Jiran

Mancing sudah tidak lagi jadi kegiatan meluangkan waktu semata, namun sudah menjelma menjadi gaya hidup yang bisa dijalankan oleh siapapun. Bagi kaum hawa, rupanya aktivitas memancing bisa menghadirkan berbagai manfaat. Mulai dari melatih kesabaran hingga menyatukan hobi bersama orang tersayang. Menjadi istri seorang pegiat mancing di Negeri Jiran sangat dimanfaatkan oleh Muslihah untuk mengasah kemampuan memancingnya.

Walau lahir dan besar di Indonesia lantas membuat Jade, sapaan akrabnya lebih aktif mancing di Malaysia. Pelosok Semenanjung Malaya kerap disambangi bersama suami serta rekan-rekannya yang juga staf salah satu produsen alat pancing ternama di sana. Bagaimana Jade menceritakan kondisi mancing di Malaysia? Serta apa saja keunggulan mancing di sana? Berikut penuturannya kepada SM:

PROFIL
Nama: Muslihah (Jade Mus Diamond)
Profesi: Ibu Rumah Tangga
Asal: Tangerang

Bagaimana awal mula anda meggeluti kegiatan mancing? Sejak kapan?
Saya mulai kegiatan mancing sejak masih belia di Tangerang. Batang fiberglass serta gulungan senar seadanya jadi modal untuk memancing ikan-ikan seperti Gabus, Lele dan Mujair. Namun sejak beberapa tahun belakangan ini, atau 2014 tepatnya sejak mengenal suami yang merupakan salah satu staf produsen alat pancing di Malaysia, saya lebih aktif lagi memancing. Hal tersebut menjadi momentum pengenalan saya dengan peralatan pancing yang lebih modern.

Saya jadi mengerti apa itu baitcasting dan penggunaannya, dan telah banyak belajar dari suami dan rekan-rekan lainnya hingga saat ini, dan saya berharap pada saatnya nanti saya bisa pergi ke lebih banyak tempat lagi untuk memancing (dengan berbagai target ikan) dan mudah-mudahan bisa belajar lebih banyak dari mereka. Ingat sekali, saya pertama kali strike ketika mancing di laut wilayah Lumut, Malaysia mendapat ikan Kakap merah dan ikan Talang.

Dibanding olahraga lain yang biasa digeluti banyak perempuan, mengapa anda lebih memilih mancing?
Tidak banyak pilihan permainan bagi anak-anak seusia saya yang sewaktu kecil tinggal di perkampungan, hanya bermain beberapa permainan tradisional saja, sedangkan memancing menjadi kegiatan rutin. Jadi, kegiatan mancing jadi pilihan permainan kami anak-anak, bukan hanya kegiatan favorit menghabiskan waktu namun sudah jadi kegiatan sehari-hari.

Rekan rekan seumuran saya pada saat itu mayoritas adalah laki-laki dan gemar sekali memancing. Banyaknya arena serta kolam pancing yang tersedia di tempat tinggal kami menambah antusias mancing menjadi semakin besar. Sehingga orang-orang di sekitar menyebut saya wanita tomboy. Jadi saya pikir itu merupakan momentum bagaimana saya mulai menggeluti kegiatan mancing hingga saat ini.

Apa komentar orang-orang terdekat anda terhadap hobi anda ini?
Seperti di kampung saya, saya pikir (tanggapan) mereka (orang-orang terdekat) cukup baik dan menerima pilihan hobi ini secara positif. Seperti yang saya sebutkan tadi, saya dibesarkan di lingkungan orang-orang yang gemar memancing. Beberapa dari orang-orang bahkan memanggil saya “Masta” atau “Sifu”. Saya sangat tersanjung tapi saya rasa saya tidak pantas mendapatkan gelar itu. Ada banyak wanita-wanita pemancing senior yang saya yakin mereka lebih baik dari saya dalam hal keterampilan dan pengetahuan dalam memancing. Tapi saya tetap harus berterima kasih atas kebaikan mereka.

Jade Kerap memancing di salah satu kolam catch and release yang terdapat monster ikan air tawar berbobot besar.

Dimana biasanya memancing? Lebih cenderung freshwater atau laut?
Dimana biasanya saya pergi memancing? Saya akan menjawab “Kemanapun suami saya akan pergi”. Aku tidak akan memancing tanpa dia. Sejauh ini sebagian besar waktu memancing kami lakukan di Malaysia bersama dengan kru Extreme Angler. Tapi terkadang kita juga mencoba lokasi mancing baru di luar negeri seperti Thailand dan bagian Malaysia lainnya. Sedangkan bila ada pilihan untuk mancing di freshwater atau saltwater, saya lebih memilih air tawar.Mengapa? Bagi saya, (mancing) di air tawar memiliki tantangan yang lebih besar. Karena ketika mancing saya akan selalu menggunakan piranti baitcasting (BC). Dan aku suka BC, dimana piranti ini kerap digunakan para pemancing freshwater yang membutuhkan keterampilan dan ketekunan. Anda bisa melempar umpan ke berbagai tempat yang sangat sulit dicapai. Bila anda sukses menguasai penggunaan BC hingga berhasil mendapatkan ikan, anda pasti merasa sangat puas.

Selama menggeluti kegiatan memancing, adakah pengalaman yang paling berkesan?
Ketika itu saya melakukan kegiatan mancing bersama rekan-rekan dari Malaysia menuju salah satu spot Toman rahasia. Lokasi itu tidak bisa saya sebutkan karena tidak boleh diketahui oleh banyak orang. Singkat cerita tibalah kami di spot tersebut. Saya terus mencoba melempar umpan menuju semak yang sulit untuk dijangkau hingga akhirnya disambar Toman. Walau hanya berbobot 1 kg lebih, namun rasa bangga dirasakan ketika mendapatkan semangat dan dukungan dari orang-orang sekitar. Diantaranya yaitu Jefri, seorang pemandu, serta Kenny Chee yang sengaja membuatkan joran andalan yang saya gunakan saat itu. Ia merupakan salah satu pembuat joran ternama di negeri jiran. Mereka memberikan tuntunan baik sepanjang perjalanan mancing. Pada akhirnya kami mengakhiri hari dengan menghabiskan waktu di air terjun kecil, dimana airnya sangat dingin, kami sangat senang di sana.

Tidak hanya di kolam catch and release, Bersama sang suami serta rekan-rekanya, Jade juga kerap menyambangi spot mancing air tawar di pelosok negeri Jiran untuk menancing Snakehead.

Bagaimana kondisi kegiatan mancing di Malaysia?
Off-shore fishing akhir-akhir ini di Malaysia terkonsentrasi di 2 area, Port Dickson/Pulau Jarak Lumut di Malaysia Barat dan Rompin/Pekan di Timur. Semua memiliki ikan popular masing-masing. Port Dickson lebih banyak ikan pelagis seperti Queenfish, sementara di Pulau Jarak, orang lebih gemar mencari Cobia besar yang bisa tumbuh lebih dari 15kg. Gaya memancing populer mereka di pantai utara menggunakan teknik slow pitch jigging. Di pesisir timur, mereka pergi lebih jauh untuk memancing ikan-ikan dasaran (bottom fishing) seperti Kerapu dan Kakap. Sementara perikanan air tawar sangat beragam, tergantung jenis ikan yang jadi target. Tapi ikan air tawar yang paling umum adalah Toman dan Peacock Bass. Hari-hari ini, Bass Merak adalah ikan asing yang paling populer. Orang-orang akan datang hanya untuk itu. Tapi tetap saja, penduduk lokal lebih populer memancing Toman.

Orang Melayu memiliki banyak bendungan, reserviours dan danau besar yang masih penuh dengan Toman. Ada danau yang berukuran 2 kali Malaysia States seperti Taman Negara Royal Belum, atau Tasik Temenggor. Ini sangat besar, butuh beberapa hari untuk mengeksplorasi setiap sudutnya. Daya tarik utama lainnya bagi pemancing untuk pergi ke Malaysia karena banyak terdapat kolam catch and release berbayar. Dimana kolam-kolam tersebut banyak terdapat ikan-ikan besar seperti ikan Kerapu yang beratnya mencapai 80kg, atau Ekor Merah Amazon yang tumbuh hingga 20 kg.

Adakah spesies ikan yang menjadi favorit anda?
Seperti yang telah saya katakan sebelumnya saya lebih suka memancing di air tawar. Ada 2 ikan favorit saya yakni Toman dan Blackbass. Toman menjadi favorit karena warna dan agresivitasnya. Mereka sangat kuat, dan semakin sulit kita mendapatkannya, semakin saya suka. Saya suka bermain-main di sampul berat daripada melakukan blind-casting sepanjang hari. Dan mereka adalah salah satu ikan yang bisa Anda cari dengan beberapa kali cast jarak dekat.

Sementara Blackbass adalah yang paling utama dari semua ikan air tawar. Ikan ini tidak perlu di perkenalkan. Bagi beberapa orang, ini adalah target utama untuk ditangkap. Ledakan khas (ketika menyambar umpan) mereka yang berjalan setelah memikat itu tidak ada duanya. Dan satu-satunya cara untuk mendapatkan mereka, sangat sulit (di bawah pohon atau semak-semak), benar-benar menguji kemampuan kita. Jadi jika anda menanyakan itu, itu (Blackbass) adalah ikan favorit saya.

Bagaimana anda mencari berbagai informasi seputar mancing?
Sekarang, media sosial adalah media yang paling sederhana (tepat). Suami saya akan selalu men-download video
untuk kita lihat bersama. Ia akan menjelaskan kepada saya jika saya memiliki pertanyaan-pertanyaan. Saya juga akan mendengarkan apa ulasan suami dan saling berbagi tentang beberapa topik yang ada di Facebook-nya. Selain itu lain lagi jika kita bertemu dengan rekan-rekan lain di Malaysia soal apapun yang mereka diskusikan. Dan last but not least, apa saja yang sedang trend dibicarakan orang di Facebook dan di majalah, kita bisa mendapatkan banyak informasi melalui media ini.

Secara pribadi, apa manfaat mancing bagi anda?
Memancing memberi saya kesempatan untuk memperbaiki diri saya dengan menghargai lingkungan, menguasai keterampilan memancing. Memancing juga bisa berperan penting dalam kehidupan pribadi dan sosial. Ini adalah keahlian dan aktivitas seumur hidup yang bisa dinikmati oleh usia berapa pun. Juga akan membuat saya lebih dekat dalam hal hubungan antara saya dan suami, karena tidak hanya di rumah, saya juga senang mengenalnya di luar. Memancing mampu membangun kesabaran saya sebagai wanita terhadap anggota- keluarga. –RPS

2 tanggapan untuk “Jade Mus Diamond: Aktif Memancing Di Negeri Jiran

  • 21 Juli 2017 pada 10:41 AM
    Permalink

    Bagaimana procedure untuk mempublish Kan CNR specimens freshwater di Singapore 🇸🇬 seperti ikan TEMENSIS ATAU PEACOCKBASS. saya ingin share sedikit sebanyak tengtang meamancing di Singapore. Harap are maklum balas dari pihak SAHABAT MEMANCING…

Komentar ditutup.