Helga Georgina Stjevic: Mancing Sudah Menjadi Bagian Hidup

Mancing di freshwater dipilihnya sebagai alternatif saat cuaca laut sedang tidak bersahabat.
PROFIL
Nama: Helga Georgina Stjevic
Profesi: Mahasiswi (Dokter Kecantikan)
Asal: Jakarta

Ditempa bersama kerasnya gelombang laut sedari masih balita membuat dara cantik ini memilih mancing sebagai olahraga wajibnya setiap pekan. Mancing baginya sudah menjadi santapan wajib ketika ada waktu senggang dari kesibukannya sebagai dokter kecantikan. Bersama sang tante, mahasiswi kedokteran di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta ini membuka sebuah klinik kecantikan akupuntur.

Tawaran mancing bareng dari banyak pemancing maupun berbagai komunitas membuktikan jika Gina, sapaan akrabnya bukanlah pemancing biasa. Sosoknya yang ramah serta sikap pantang menyerah membuatnya disukai banyak orang. Bersama Ladies Angler Community ia menaruh banyak passion terhadap kegiatan memancing. Bagaimana Gina memandang mancing sebagai gaya hidup? Simak wawancara kami dengannya berikut ini:

Apa yang mendasari anda untuk terjun menggeluti kegiatan mancing?
Sejak kecil bahkan masih balita, saya sudah dan selalu diajak mancing oleh orangtua saya yang memiliki hobi yang sama. Bisa dibilang, mereka lah faktor yang membuat saya jadi gemar mancing. Sebelum saya bisa berjalan, saya sudah berada di atas kapal di tengah laut. Bahkan orangtua saya sengaja membuatkan area bermain untuk saya di atas kapal. Tapi mulai aktif berkegiatan mancing pada saat saya duduk di bangku SMP hingga sekarang.

Kenapa harus memilih untuk mancing dan apa tujuannya?
Selain ikan, hal lain yang dicari orang saat memancing ialah sensasi saat strike. Tarik-menarik yang dilakukan tersebut menurut saya selalu menghadirkan keseruan tersendiri. Saat ini saya sedang mendalami casting. Seperti yang sama-sama diketahui, teknik casting membutuhkan umpan yang tepat. Pada saat umpan disambar, pergerakan ikan akan terlihat dengan jelas dan momen seperti itu yang tunggu-tunggu. Jadi saya rasa sensasi dari hal tersebut yang membuat saya tertarik memilih olahraga mancing. Tujuan utamanya pasti mencari sensasi strike sebab sudah terlanjur ‘keracunan’ mancing sejak lama. Selain itu juga menjadi ajang menambah nilai persaudaraan sesama pemancing.

Kegiatan mancing mayoritas digeluti oleh pria, bagaimana perasaan anda soal ini mengingat anda adalah wanita?
Rasa hormat, kepedulian serta support selalu diberikan kepada saya oleh para rekan-rekan mancing yang mayoritas pria. Selama saya menjalani kegiatan mancing bersama orang lain saya juga mendapatkan pengalaman dan teman baru. Mereka dengan senang hati senantiasa memberikan pengetahuannya atau sebaliknya sehingga pengetahuan mancing saya bisa berkembang. Ajakan untuk bergabung dan turut serta untuk mancing bersama selalu mereka tawarkan kepada saya. Jika waktunya tepat pasti saya bisa ikut.

Apa komentar orang-orang di sekitar terhadap hobi mancing anda ini? Terutama teman-teman anda?
Pro dan kontra selalu ada. Komentar biasanya datang dari teman-teman selain pemancing. Ada yang mendukung dan salut terhadap hobi saya ini. Karena menurut mereka tidak semua orang bisa menggeluti hobi yang beresiko ini. Sebagian juga memberikan sinyal ingin merasakan apa yang saya rasakan itu. Namun ada pula orang yang sampai heran dan bertanya-tanya, ngapain sih lu mancing? Kan mancing itu kegiatan yang panas-panasan? Untuk komentar-komentar seperti ini saya tidak pernah ambil pusing dan tidak mempedulikannya.

Mancing memang membutuhkan tingkat kesabaran tinggi. Apa efek yang anda rasakan dari kegiatan mancing terhadap hidup anda, terutama terhadap kehidupan anda sehari-hari?
Dengan mancing, tingkat kesabaran jelas semakin bertambah dan lebih bisa mengatur emosi. Tapi itu umum ya. Selanjutnya dengan mancing kita bisa jadi lebih bersemangat lagi dalam menjalani kehidupan. Sebab mancing bukan hanya soal sabar mendapatkan target, tapi kita juga harus bisa menangani kondisi pada saat strike bagaimana. Rasa penasaran itu yang membuat saya pribadi jadi lebih exited.

Selain menyiapkan peralatan mancing, sebagai perempuan persiapan apa saja yang biasa anda bawa sebelum melakukan kegiatan mancing?
Mancing merupakan kegiatan yang berhubungan langsung dengan sengatan matahari. Untuk melindungi kulit dan wajah dari sengatan matahari, saya selalu membawa krim sunblock. Namum walau sudah menggunakan krim saya tetap mengandalkan masker penutup wajah, menggunakan baju lengan panjang, sarung tangan serta segala aksesoris yang menutupi seluruh bagian tubuh.

Sepulangnya dari mancing, perawatan harus tetap diutamakan. Berhubung saya juga memiliki klinik kecantikan dan mengerti cara perawatan kulit, jadi klinik menjadi tujuan selanjutnya setelah mancing. Tinggal meminta bantuan tante saya yang kebetulan juga bersama-sama dengan saya menangani perawatan kecantikan tersebut.

Apakah anda tergabung dalam komunitas mancing? Apa keuntungan yang anda rasakan setelah bergabung? 
Kebetulan pada saat acara peresmian Lady Angler Community(LA Com) beberapa waktu lalu di Puncak, saya diundang dan bisa ikut bergabung. Peresmian komunitas pemancing khusus perempuan itu melahirkan struktur kepengurusan yang baru dimana saya terpilih menjadi divisi Hubungan Masyarakat (Humas). Bukan hanya sekedar jadi ajang kumpul, komunitas ini merupakan wadah bagi para pemancing perempuan untuk bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan mancing mereka sesama lady angler. Jadi jelas ada banyak sekali keuntungan bila bergabung dengan komunitas ini. Pertama kali diajak saya merasa senang karena akhirnya lady angler punya komunitas khusus. Ternyata ada banyak perempuan yang hobi mancing.

Keutungan lainnya mungkin bisa mengembangkan bisnis yang dijalani. Sejauh ini memang belum terasa signifikan karena memang komunitas ini baru dibentuk. Namun ada beberapa anggota LA Com yang sama-sama peduli terhadap kecantikan kulitnya dengan memesan krim kulit ke saya. Intinya sebuah komunitas seperti ladies angler ini banyak memberikan pengalaman buat saya pribadi.

Guna mengembangkan pengetahuannya tentang mancing, Gina bergabung dengan Lady Angler Community bersama adik dan ibunya.
Guna mengembangkan pengetahuannya tentang mancing, Gina bergabung dengan Lady Angler Community bersama adik dan ibunya.

Lebih memilih mancing di freshwater atau laut? Mengapa?
Seperti yang disebutkan tadi bahwa sejak dari kecil saya lebih sering diajak mancing di laut. Mancing di laut itu memiliki banyak keasyikan, sebab lokasinya yang sangat kompleks dari tersedianya berbagai macam jenis ikan, baik dari ukuran yang kecil hingga besar. Sampai lokasi mancing dengan kondisi alam yang tidak bisa diduga sebelumnya. Itu merupakan tantangan tersendiri, maka dari itu saya lebih senang mancing di laut. Kalau casting-an di freshwater baru-baru ini saja saya tertarik untuk mencobanya. Biasanya sebagai alternatif saat cuaca laut sedang tidak bersahabat. Area sekitar Kepulauan Seribu menjadi spot mancing yang sering saya datangi, selain Pulau Tunda, Merak hingga Lampung.

Ikan yang paling sering saya dapatkan jika mancing di laut yaitu Giant Trevally (GT) dan Tenggiri. Untuk mendapatkan Tenggiri saya gunakan tehnik ngoncer, sementara GT biasa didapatkan dengan tehnik popping. Kalau freshwater baru-baru ini mencobanya setelah berhasil pertama kali casting mendapatkan Toman. Tapi walau bagaimana pun mancing di laut jauh lebih asyik.

Adakah anda pernah mengalami momen yang tak terlupakan selama mancing?
Pasti saat kondisi mabuk saya memiliki kebiasaan menyeburkan diri ke dalam laut. Pernah suatu ketika mabuk saya langsung menyeburkan diri dan tidak menyadari bahwa ada hiu yang mendekati saya. Mulanya saya tidak menyadari sampai kapten kapal serta ABK berteriak mengingatkan adanya bahaya itu. Saat tahu saya sempat merasa shock dan dengan cepat segera naik ke atas kapal dengan bantuan ABK. Sampai di atas kapal saya langsung lemas. Kejadian itu terjadi pada saat saya sedang trip mancing di Merak.

Untuk mendapatkan Tenggiri Gina biasanya menggunakan teknik ngoncer, sementara GT biasa didapatkan dengan tehnik popping.
Untuk mendapatkan Tenggiri Gina biasanya menggunakan teknik ngoncer, sementara GT biasa didapatkan dengan tehnik popping.

Bagaimana langkah anda dalam mendapatkan kelengkapan tackle serta aksesoris memancing? 
Kelengkapan tackle serta aksesoris mancing sebelumnya didapatkan dari Papah yang memang sejak muda sudah gemar memancing. Joran, ril hingga lure sudah tinggal pakai saja yang sudah ada. Jelas ini mempermudah hobi mancing saya, karena memang Papah sosok utama dibalik kegemaran saya menggeluti olahraga ini. Mayoritas tackle tersebut merupakan peralatan mancing di laut. Saat ini saya mulai gemar castingan di freshwater dan ingin melengkapi segala macam peralatannya terutama rod dan ril baitcasting (BC). Kabar baiknya baru-baru ini salah satu produsen alat pancing dari Malaysia menghubungi saya dan menawarkan untuk jadi field tes produknya dengan memberikan support berupa satu set alat BC.

Pertanyaan terakhir, apa pengertian mancing menurut anda? 
Mancing adalah strike!!! Kenapa begitu? Karena kegiatan mancing sangat berbeda dengan olahraga lain pada umumnya. Mancing itu memiliki passion tersendiri, punya target tertentu dalam hal ini adalah ikan. Ketika seorang pemancing berhasil mendapatkan apa yang menjadi targetnya itu maka rasa kepuasan itu terbayar. Bisa diambil contoh pada saat castingan. Saya memang baru mendalami metode mancing ini, namun ketika berhasil mendapatkan sambaran hingga berhasil landed ikan (Toman) rasanya senang sekali. Saya merasa, ini nih yang gue dapat (sensasinya). – RPS