MTB: Anugerah Alam Menyatukan perbedaan

Dianugerahi spot-spot istimewa dan beragam untuk memancing freshwater dan area yang strategis hingga ke laut, menjadikan komunitas Mancing Tegal-Brebes (MTB) semakin berkibar dan kompak dalam segala kegiatannya. Berawal dari rutinnya para pegiat mancing disekitar kota Tegal dan Brebes melakukan eksplorasi mancing di spot-spot tersebut, tercetuslah ide pembentukan komunitas untuk mewadahi para pemancing agar lebih terkordinasi dalam menjalankan segala aktivitas.

Kali ini SM berkesempatan melakukan wawancara dengan ketua komunitas MTB, Yongky Rama Bharata:

Bagaimana awal mula terbentuknya komunitas Mancing Tegal Brebes?
Berawal dari sekumpulan pemancing disekitar Tegal- Brebes yang sering melakukan trip bareng, diskusi dan sharing tentang teknik mancing. Dari pertemuan yang semakin intens tersebut, akhirnya kami mempunyai keinginan untuk membentuk suatu wadah sebagai rumah bersama dan akhirnya terbentuklah MTB.

Apa tujuan dibentuknya komunitas ini dan sudah berapa lama?
Pada awalnya hanya sebagai wadah komunikasi yang digunakan untuk menyalurkan ide dan sharing. Namun seiring berjalannya waktu kami pikir bahwa kami harus memiliki visi yang terarah, maka momen kopdar pertama MTB pada 31 juli 2014 dijadikan sebagai hari lahir MTB.

Apa yang membedakan komunitas ini dengan komunitas mancing lainnya?
MTB memiliki kelebihan diantaranya dari segi sumber daya alam yang melimpah, dimana MTB dianugerahi wilayah geografis luar biasa di sekitar Tegal-Brebes baik spot perairan darat maupun laut. Lebih istimewanya lagi di setiap muara di wilayah kami dihuni oleh Barramundi, yang merupakan ikan idaman pemancing.

Bagaimana prosedur untuk bergabung menjadi anggota?
Berasal dari Tegal atau Brebes dan sekitarnya serta memahami visi dari group MTB. Setiap anggota harus bersama-sama bekerja mewujudkan apa yang menjadi cita-cita bersama. Selain itu untuk membiayai segala macam kegiatan yang dilakukan MTB, anggota grup ini diwajibkan membayar iuran kas. Untuk yang ingin gabung di medsos, kami mewajibkan mereka untuk selalu aktif dengan saling sapa memposting di grup atau minimal me-like. Bila dalam waktu dua bulan ada akun yang tidak rutin aktif tanpa kejelasan, MTB dengan kebijakkannya terpaksa menghapus mereka dari grup. Jadi kami lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas.

Pada umumnya MTB memiliki misi menjalin silaturahmi antar pemancing dan menyatukan perbedaan antara pemancing darat dan laut. MTB ingin semua pemancing khususnya di Tegal, Brebes dan sekitarnya, bersama-sama aktif dalam segala kegiatan memancing dan berperan serta dalam pemulihan ekosistem, seperti dengan melakukan penebaran bibit ikan dan penanaman rumpon.

Sudah berapa banyak anggota yang tergabung sampai saat ini?
Anggota beserta partisipan group di medsos hingga saat ini sudah lebih dari 500 member. Pada saat acara kumpul- kumpul yang intensif biasa dihadiri oleh tiga puluhan orang. Sementara untuk acara besar seperti kopdar, mancing bareng dan aksi sosial lainnya bisa diikuti oleh 50 hingga 100 anggota MTB dari Tegal dan sekitarnya.

Untuk anggota di luar Tegal-Brebes apa yang menjadi alasan mereka bergabung dengan MTB?
Hampir semua anggota dari luar Tegal-Brebes mendukung visi dan misi dari MTB, meski tidak ikut serta terjun langsung namun mereka bangga terhadap kegiatan pelestarian alam oleh MTB. Biasanya mereka yang berada di luar Tegal-Brebes merupakan putra asli Tegal dan sekitarnya, sehingga pada saat punya kesempatan untuk mudik, mereka ikut serta dalam kegiatan grup.

Bagaimana peran media sosial selama MTB beraktivitas?
Peran medsos sangat besar, salah satu keuntungannya yaitu agar MTB bisa lebih dikenal lagi oleh seluruh masyarakat atau pemerintah daerah maupun swasta yang kemungkinan bisa mendukung untuk bekerjasama merealisasikan program-program yang dijalankan MTB. Selebihnya menjadi suatu kebanggan bagi para anggota yang mayoritas berdomisili di Tegal-Brebes yang dalam skala kecil memajukan kota kebanggaannya.

Apa keuntungan yang didapatkan para anggota?
Sesuai dengan visi MTB, manfaat yang dirasakan para anggota adalah bertambahnya ikatan tali silaturahmi dan persaudaraan. MTB tetap mengutamakan kekompakkan dan kepedulian kepada sesama, jika ada anggota yang terkena musibah dan butuh bantuan, MTB menjadi yang terdepan membantu mereka yang membutuhkan. Selanjutnya keuntungan bergabung dengan MTB yaitu bertambahnya pengetahuan tentang hobi memancing karena MTB gemar melakukan sharing sesama anggota.

Apakah ada anggota perempuannya?
Dari empat orang, ada dua orang lady angler yang tergabung dan aktif mengikuti setiap kegiatan, yaitu astrid Chan (losari, Brebes) dan Aira Redina (Brebes) yang setiap acara kopdar selalu siap menyediakan konsumsi bagi para peserta. Pada mulanya mereka bergabung dengan grup di medsos. Sementara yang lainnya yaitu Shin dan Fani sama-sama berasal dari Indramayu. dalam suatu kesempatan mereka bisa ikut bergabung dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan MTB.

Bagaimana peran lady angler bagi MTB?
keberadaan lady angler dalam grup mancing memiliki warna tersendiri mengingat mayoritas pemancing merupakan laki-laki. Untuk itu harus ada sedikit pemanis dari lady angler untuk menandakan bahwa MTB juga menerima dengan baik peran perempuan di kegiatan memancing ini.

Apakah para anggota baru (newbie) mendapat perlakuan khusus dari pengurus?
Dalam grup ini kami sepakat untuk membagi divisi memancing berdasarkan lokasi mancing, kordinator freshwater, saltwater serta kordinator luar daerah. Semua kordinator tersebut bertindak berdasarkan kebutuhan grup. Jika ada dari anggota ingin mengikuti kegiatan grup berdasarkan hobi mancingnya tinggal menghubungi masing-masing kordinator tersebut. Kami menekankan komunikasi agar tetap terjaga satu sama lain sesama anggota dan pengurus.

Foto-foto kegiatan komunitas Mancing Tegal Brebes (MTB)

Kapan kegiatan mancing dilakukan?
Kebanyakan melakukan kegiatan mancing pada akhir pekan, meski banyak juga melakukannya di hari biasa. Karena latar belakang anggota ada yang berprofesi sebagai karyawan dimana waktu luang mereka hanya ada di akhir pekan dan ada juga yang bussiness owner yang punya waktu lebih fleksibel. Tinggal atur jadwal, biasanya diposting oleh salah satu kordinator yang bertanggung-jawab. Sebelum mengatur jadwal, disesuaikan dengan kondisinya terlebih dahulu, bila cuaca di laut sedang tidak bagus, kami menjadikan spot-spot air tawar sebagai alternatif, begitu juga sebaliknya.

Apakah ada kegiatan lain yang dilakukan selain memancing?
Ada berbagai acara non mancing yang sering diadakan MTB, pertama yaitu kumpul bareng, moci, menikmati teh poci asli Tegal. Saat kumpul tersebut biasanya para anggota berdiskusi dan saling bagi pengalaman mengenai segala macam informasi seputar kegiatan memancing. kemudian juga MTB melakukan aksi sosial seperti donor darah, yang dikordinasikan oleh salah satu anggota MTB yang berprofesi sebagai pegawai rumah sakit Brebes. Sementara untuk kegiatan pelestarian lingkungan kami mengadakan kegiatan tebar benih ikan serta pembenahan spot-spot mancing dan penanaman rumpon di laut.

Bagaimana cara agar MTB tetap eksis dan langgeng?
Selama MTB masih diisi oleh segenap anggota-anggotanya yang tulus berkorban demi kepentingan bersama, dan mereka tahu betul visi dari MTB, kami yakin MTB akan tetap eksis dan semakin dikenal oleh masyarakat atas kegiatan positif yang dilakukan. intinya kami tetap menanamkan kepedulian terhadap sesama anggota MTB.

Hal apa yang dilakukan dalam menjaga silaturahmi dan hubungan baik antar pemancing?
Dalam forum MTB kita ada tamu dari grup-grup lain dimana kita bisa bersosialisasi bersama meski di dunia maya dan berkala kita sering kunjungan dan bekerjasama dengan group lain baik dalam tebar benih maupun turnamen-turnamen yang bersifat menjalin hubungan lebih dekat lagi.

Bagaimana komentarnya terhadap potensi memancing di Indonesia?
Indonesia negara dengan potensi spot yang luar biasa, memiliki berbagai varian ikan yang menjadi ciri khas dari daerahnya masing-masing. tentu menjadi sebuah keistimewaan, hal ini sangat mendukung perkembangan dunia memancing di indonesia baik dari segi teknis, relationship serta segi bisnis.

Apa harapan ke depannya terhadap komunitas ini?
Harapan kami secara progresif MTB akan bisa mewujudkan visinya, sehingga MTB menjadi grup yang dibanggakan anggota dan masyarakat dalam lingkungan Tegal-Brebes pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. –RPS